Unpad Luncurkan Hibah Inovasi Pembelajaran Daring

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka acara “Parade Inovasi Pembelajaran Daring Unpad” secara virtual, Senin (2/8).*

[unpad.ac.id] Dalam mendukung penguatan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19, Universitas Padjadjaran meluncurkan Hibah Inovasi Pembelajaran Daring (HIPDU) bagi para dosen.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, HIPDU diluncurkan untuk membangkitkan semangat inovasi para dosen dalam melaksanakan pembelajaran daring yang kaya konten dan menggunakan pendekatan yang inovatif.

“Hibah ini untuk menjamin pembelajaran daring di Unpad sebagai modal dari pembelajaran hybrid,” kata Rektor saat membuka acara “Parade Inovasi Pembelajaran Daring Unpad” secara virtual, Senin (2/8).

Pandemi Covid-19 mendorong adanya transformasi sistem pembelajaran dari semula tatap muka menjadi daring sepenuhnya. Meski demikian, pembelajaran daring harus tetap menghasilkan lulusan yang memiliki beragam kemampuan, utamanya adalah kemampuan digital dan kemampuan masa depan.

Untuk mendukung hal tersebut, penggunaan teknologi dalam pembelajaran daring mutlak diperlukan. Rektor mengatakan, teknologi diyakini mampu menghasilkan model pembelajaran daring yang inovatif. Pada akhirnya, model pembelajaran inovatif akan mendukung pada implementasi pembelajaran hybrid di Unpad.

“Model hybrid ini diyakini sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan membuka akses yang lebih luas,” ujarnya.

Lebih lanjut Rektor mendorong inovasi pembelajaran daring yang dikembangkan dosen pada HIPDU menggunakan platform pembelajaran daring yang dimiliki Unpad, yaitu Learning Management System (LMS) LiVE Unpad.

Dengan demikian, selain memotivasi dosen untuk berinovasi, HIPDU juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna aktif LMS LiVE Unpad. Luaran kegiatan dari HIPDU adalah dihasilkannya produk inovasi pembelajatan berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Bahan Ajar Orisinal (video, ppt, modul, dll,) serta Instrumen Pengukuran Evaluasi Pembelajaran.

Besaran dana yang diberikan pada HIPDU maksimal ditetapkan Rp 30 juta per proposal. Batas akhir penyerahan proposal adalah 15 Agustus 2021. Sementara pengumuman seleksi HIPDU akan diumumkan pada 20 Agustus 2021.

Baca juga: Dies Natalis ke-62 FIB Unpad, Indonesianis Pamela Allen Bicara Pentingnya Penerjemahan Sastra

Parade Inovasi Pembelajaran Daring

Kepala Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajatan Unpad Anne Nurbaity, PhD, mengatakan, acara Parade Inovasi Pembelajaran Daring digelar hingga Rabu (4/8).

“Acara ini merupakan salah satu program unggulan di Unpad sejalan dengan transformasi Unpad menuju hybrid university,” kata Anne.

Di hari pertama, selain peluncuran HIPDU, acara diisi dengan diskusi interaktif yang menghadirkan pembicara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, Direktur Online Learning Binus University Agus Putranto, M.T., M.Sc., serta Kepala ICE Institute Prof. Paulina Pannen, M.Ls.

Di hari kedua, acara diisi sesi interaktif LiVE Unpad dan diskusi pengalaman dari para pengguna sistem pembelajaran daring di Unpad. Sementara di hari ketiga, acara diisi dengan penjelasan HIPDU dan apresiasi “LiVE Unpad Awards”.*

Share this: