567 Mahasiswa Unpad Ikuti Program Magang Kampus Merdeka

magang bersertifikat
Rektor Universitas Padjjadjaran Prof. Rina Indiastuti menyaksikan perwakilan peserta magang bersertifikat Kemendikbudristek mengenakan jas almamater sebagai simbolis pelepasan yang digelar secara virtual, Jumat (17/9).*
magang bersertifikat
Rektor Universitas Padjjadjaran Prof. Rina Indiastuti menyaksikan perwakilan peserta magang Kampus Merdeka mengenakan jas almamater sebagai simbolis pelepasan yang digelar secara virtual, Jumat (17/9).*

[unpad.ac.id] Sebanyak 567 mahasiswa Universitas Padjadjaran berkesempatan mengikuti berbagai program magang Kampus Merdeka semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, M.T. mengatakan, sebanyak 417 mahasiswa dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbudristek. Total keseluruhan pendaftar program MSIB mencapai 4.507 pendaftar.

Berdasarkan jumlah tersebut, Unpad berada dalam peringkat 4 nasional  sebagai perguruan tinggi yang paling banyak mengikutsertakan mahasiswanya pada program MSIB.

Boy menambahkan, kegiatan MSIB ini dikuti oleh mahasiswa dari 58 program studi. Para mahasiswa tersebut akan tersebar di 89 mitra perusahaan/institusi/lembaga.

Selain itu pada semester ini pula, sebanyak 64 mahasiswa akan mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) BUMN di 18 instansi BUMN, 70 mahasiswa mengikuti Magang Kampus Merdeka di Badan Pertanahan Nasional, 10 mahasiswa mengikuti magang internal Kampus Merdeka di Pusat Pengembangan Karier Unpad, dan 6 mahasiswa mengikuti magang internal Kampus Merdeka di Direktorat Inovasi dan Korporasi.

Para peserta magang tersebut dilepas secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti secara daring, Jumat (17/9).

Pada kesempatan tersebut Rektor berpesan kepada mahasiswa untuk dapat memanfaatkan program ini dengan baik. Para peserta diharapkan dapat mewujudkan kemampuan terbaik sebagai mahasiswa Unpad, yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter baik.

Selain itu, Rektor mendorong beragam manfaat yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan ini dapat dilipatgandakan. Manfaat yang diperoleh mahasiswa dapat disertakan dengan berbagai pembelajaran lain ataupun keahlian yang terkait.

“Kami yakin lulusan Unpad itu akan menjadi sumber daya manusia yang betul-betul unggul dan punya karakter yang utuh dan mampu membangun bangsa Indonesia di masa depan,” ujar Rektor.

Acara pelepasan tersebut juga diisi dengan penyampaian materi dari para narasumber, yaitu Ketua Pokja MSIB Kemendikbudristek Nurhadi Irbath, Direktur Eksekutif FHCI Sofyan Rohidi, Kepala KWP Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto, serta Kepala Sekolah Ekspor Handito Joewono.(arm)*

Share this: