Dukung Program Kampus Merdeka, Kemenkeu RI Jalin Kerja Sama dengan Unpad

kemenkeu
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menandatangani Nota Kesepahaman secara virtual dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI di ruang Executive Lounge kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (3/9). (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id] Dalam mendukung implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kemendikbudristek, Kementerian Keuangan RI menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman secara virtual, Jumat (3/9).

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Di Unpad, acara penandatanganan digelar di ruang Executive Lounge kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung.

Adapun pokok dari Nota Kesepahaman tersebut adalah kerja sama pengembangan kapasitas SDM melalui pelatihan, magang berkonversi, perkuliahan, serta kolaborasi riset.

Heru mengatakan, guna mendukung kebijakan Kampus Merdeka, Kemenkeu telah membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa se-Indonesia. Ada tiga program magang yang dibuka Kemenkeu, yaitu magang sendiri dan magang yang dilakukan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi, serta magang program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia.

Khusus program magang melalui kerja sama perguruan tinggi, untuk tahap awal, Kemenkeu telah memulai dengan menjalin kerja sama kepada tiga perguruan tinggi, yaitu Unpad, Universitas Jember, dan UPN Veteran Jakarta.

“Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini, ini bisa langsung kita terapkan pada minggu kedua September,” kata Heru.

Lebih lanjut Heru mengatakan, nantinya para mahasiswa peserta magang akan ditempatkan di berbagai unit kerja di lingkungan Eselon I Kemenkeu.

“Melalui kerja sama ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjalankan program Kampus Merdeka yang salah satu alternatifnya adalah mereka bisa belajar di Kemenkeu,” ujar Heru.

Sementara untuk program magang mandiri, sampai Agustus lalu, tercatat ada 1.623 mahasiswa yang mendaftar program magang di Kemenkeu. Para peserta yang mendaftar magang berasal dari perguruan tinggi negeri, swasta, hingga perguruan tinggi asing.

“Alhamdulillah, antusiasme dari mahasiswa sangat positif dan banyak (yang mendaftar),” kata Heru.

Sementara itu, Rektor mengapresiasi kerja sama Unpad dengan Kemenkeu. Menurutnya, Kemenkeu telah membuka kesempatan bagi perguruan tinggi untuk mendukung program kolaborasi membangun kompetensi mahasiswa, khususnya pada bidang pengelolaan keuangan negara.

“Insyaallah melalui program ini akan terjalin sinergi yang baik antara PTN atas kesempatan yang diberikan oleh Kemenkeu,” kata Rektor.

Sebagai tindak lanjut penandatanganan Nota Kesepahaman, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Sekretariat Jenderal Kemenkeu dengan FEB Unpad, FEB Unej, dan FEB UPN Jakarta tentang Program Kolaborasi Peningkatan Kapasitas SDM dan Kapasitas Pengetahuan Organisasi.

Penandatanganan dilakukan Kepala Biro SDM Setjen Kemenkeu Rukijo dengan para Dekan dari tiga fakultas tersebut.*

Share this: