Prodi Sarjana Kimia Unpad Jalani Asesmen Akreditasi Internasional

akreditasi internasional
Salah satu asesor dari lembaga akreditasi internasional bidang kimia “Royal Society of Chemistry (RSC)” Dr. Graeme Hogarth sedang melakukan asesmen terhadap Program Studi Sarjana Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran.*

[unpad.ac.id] Program Studi Sarjana Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran menjalani asesmen secara daring  oleh lembaga akreditasi internasional bidang kimia “Royal Society of Chemistry (RSC)” yang berbasis di Inggris pada Rabu (8/9).

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti memaparkan mengenai tujuan universitas untuk memperoleh akreditasi internasional sesuai dalam Renstra Unpad 2020-2024.

“Untuk mewujudkan keunggulan akademik yang diakui secara internasional, kami telah menginisiasi pengembangan kurikulum berbasis internasional melalui beberapa program kerja sama internasional seperti kurikulum bersama dan tim pengajar, gelar ganda, pertukaran fakultas dan mahasiswa, serta penelitian dan publikasi bersama. Pengembangan tersebut sangat didorong untuk memfasilitasi akreditasi internasional,” papar Rektor.

Sementara itu ketua Tim Akreditasi RSC Kimia Unpad Juliandri, Ph.D berharap melalui akreditasi ini, Prodi Kimia Unpad dapat menghasilkan alumni yang berdaya saing internasional yang memiliki karakter kuat dan menghargai budaya lokal.

Tim asesor RSC Dr. Graeme Hogarth dan Dr. June Mc Combie pada kesempatan tersebut melakukan visitasi melalui sesi tanya jawab untuk mengkonfirmasi terhadap isian form aplikasi dan dokumen pendukung yang telah dikirimkan oleh Prodi Sarjana Kimia dua bulan sebelumnya.

Sesi tanya jawab dilakukan di antaranya kepada para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Diskusi dan tanya jawab juga dilakukan dengan Kaprodi, Ketua Departemen, tim kurikulum, serta tim penjaminan mutu fakultas. Acara diakhiri dengan memberikan feedback informal kepada tim.

Acara juga dihadiri Dekan FMIPA Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si., Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si, Ketua Departemen Kimia, Ketua Program Studi Sarjana Kimia, Para Guru Besar Kimia, Ketua UPM, dan seluruh Tim Akreditasi RSC dari Kimia Unpad.(rilis/wati)*

Share this: