Sebanyak 82 Mahasiswa se-Indonesia Ikuti Program MBKM di Prodi Biologi Unpad

biologi unpad
Ketua Program Studi Biologi Unpad Dr. Suryana, M.P., menjelaskan mengenai program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kanal Pertukaran Mahasiswa di Prodi Biologi Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran, Selasa (31/8).*

[unpad.ac.id] Sebanyak 82 mahasiswa mengikuti Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kanal Pertukaran Mahasiswa di Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran pada semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022.

Acara MBKM dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Riset FMIPA Unpad Yudhie Andriana, M.Sc., Ph.D  secara daring, Selasa, (31/8) lalu.

Para peserta berasal dari berbagai universitas di Indonesia, antara lain Universitas Bengkulu, Universitas Negeri Jakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Palangkaraya, Universitas Mulawarwan, Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Pattimura.

Mahasiswa yang mengikuti MBKM melalui Skema Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Nuni-Mobi, MBKM Biologi Indonesia, dan kerja sama Unpad-ITB.

Acara pembukaan dihadiri oleh Manajer Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA Dr. Mohamad Nurzaman, M.Si, Kepala Departemen Biologi FMIPA Dr. Budi Irawan, M.Si, Ketua Program Studi Biologi Unpad Dr. Suryana, M.P, para dosen pengampu, para Ketua Program Studi asal peserta, dan Mahasiswa peserta Program MBKM.

Suryana mengungkapkan, ada empat mata kuliah yang ditawarkan pada program ini, yaitu Biomaterial, Bioremediasi Agroindustri dan Perairan Tercemar, Koleksi dan Pengelolaan Spesimen Hayati serta Virologi Dasar dan Terapannya.

Selain itu, peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka juga mengambil mata kuliah wajib yang diselenggarakan Prodi Biologi Unpad, sehingga ada interaksi antara mahasiswa Prodi Biologi Unpad dan mahsiswa perserta program MBKM.

Program ini merupakan implementasi dan dukungan penyelenggaraan MBKM yang dicanangkan Kemendikbud-dikti sejak tahun lalu. Bentuk pembelajaran yang dilakukan secara blended learning baik secara sinkronus maupun asinkronus menggunakan LMS LiVE Unpad. Pada proses pembelajaran juga menghadirkan peneliti dan praktisi dari berbagai institusi yang mebuka wawasan mahasiswa.

Pertukaran pelajar MBKM ini merupakan penyelenggaraan kedua dari Biologi Unpad. Pada semester sebelumnya, Prodi Biologi Unpad juga telah menyelenggarakan program yang sama.

Yeni Rahmawati, Mahasiswa Prodi Biologi dari Universitas Airlangga yang mengikuti program ini semester lalu menyebutkan bahwa banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan ini, baik dari para pengampu, praktisi dan peneliti dari berbagai institusi.(rilis)*

Share this: