Jalin Kerja Sama, Unpad Terima Mesin Oksigen Konsentrator dari Gojek

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menunjukkan dokumen Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani bersama dengan Region Head of Central & West Java Gojek Anandita Danaatmadja di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (6/10/2021). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama tridarma dengan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unpad dan Gojek di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (6/10/2021).

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Region Head of Central & West Java Gojek Anandita Danaatmadja. Dalam kesempatan tersebut, Gojek juga menghibahkan lima unit oksigen konsentrator untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 oleh Unpad.

Dalam sambutannya Anandita mengungkapkan, Gojek memberikan apresiasi atas berbagai upaya yang dilakukan Unpad dalam membantu penanganan Covid-19, khususnya di Jawa Barat. “Kami tahu di Jabar ini ada edukasi pencegahan Covid-19, melakukan pengembangan aplikasi penilaian dini dan pemeriksaan mandiri. Ini sangat luar biasa. Sudah banyak inisiatif yang dilakukan Unpad,” ujarnya.

Untuk mendukung upaya tersebut, Unpad menjadi salah satu lembaga yang menerima hibah mesin oksigen konsentrator dari Gojek. Mesin yang mampu menghasilkan oksigen murni hingga 95 persen ini diharapkan dapat membantu Unpad dalam aktivitas penanganan Covid-19, baik untuk akademik maupun pengabdian kepada masyarakat.

Hibah mesin oksigen konsentrator sendiri merupakan bagian dari program Gojek di tingkat nasional. Anindita mengatakan, sampai saat ini, Gojek sudah mendonasikan lebih dari 1.000 mesin oksigen konsentrator ke berbagai rumah sakit di Indonesia. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen bagi penderita Covid-19.

Anindita juga berharap, kerja sama ini bisa diperluas ke berbagai sektor lainnya. Salah satunya adalah mendukung penguatan ekosistem digital di lingkungan kampus.

Sementara itu Rektor juga mengapresiasi kerja sama Unpad dengan Gojek. Diharapkan, Gojek mampu menjadi mitra Unpad dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, terampil, dan berkarakter untuk membangun bangsa Indonesia.

“Mohon dukungannya terhadap kita agar mampu mengembangkan kualitas pendidikan tinggi dengan lebih baik,” kata Rektor.

Penyerahan mesin oksigen ekstraktor secara simbolis diserahkan Vice President Regional Operational Excellence Public Policy & Government Relation Gojek Muhammad Chairil kepada Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Unpad Prof. Rizki Abdullah, PhD. Acara juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Hendarmawan, M.Sc.*

Share this: