Peroleh Hibah Dikti, Prodi Ilmu Peternakan Unpad Siap Laksanakan Program MBKM

Suasana acara peluncuran resmi MBKM Fakultas Peternakan Unpad secara virtual, Rabu (29/9/2021).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran melalui Program Studi Sarjana Ilmu Peternakan mendapatkan Hibah Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek RI.

Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.Si., IPM, menjelaskan, Prodi Ilmu Peternakan menjadi satu-satunya prodi di Unpad yang mendapat dana hibah program bantuan kerja sama kurikulum MBKM dari Dikti.

Output yang dihasilkan dari hibah ini adalah pedoman kurikulum MBKM Fapet, SOP pelaksanaan MBKM, Rencana Pembelajaran Semester yang mengembangkan kelas kolaboratif dan partisipatif dengan Metode Project Base Team dan Case Methods. Output ini akan menjadi standar bagi pelaksanaan MBKM di Fakultas Peternakan menuju fakultas yang maju, kuat, bermanfaat dan berkelas internatsonal,” kata Rahmat pada acara peluncuran resmi MBKM Fapet Unpad dalam keterangan pers, Rabu (29/9/2021).

Melalui hibah ini, Prodi Ilmu Peternakan Unpad didorong merevitalisasi kebijakan pembelajaran dan kurikulum yang ada saat ini. Kurikulum yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan di dunia kerja akan bersifat dinamis sesuai tuntutan kerja saat ini.

Perubahan kurikulum tersebut diharapkan dapar menghasilan capain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan di masyarakat, kebutuhan bisnis, hingga kebutuhan di tingkat profesional.

Secara keseluruhan, aktivitas MBKM Fapet Unpad yang diselenggarakan pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022 adalah magang industri di PT. Japfa, PT. Berdikari, Tanihub Indonesia, dan Vocasia; pertukaran mahasiswa; magang riset; proyek kemanusiaan; kampus mengajar; hingga pelaksanaan KKN Tematik PHP2D Kemendikbudristek.

“Program KKN PHP2D dilaksanakan oleh lima tim dari Unpad dengan tiga tim dari Fapet,” kata Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset Fapet Unpad Indrawati Yudha Asmara, M.Si., PhD.

Acara peluncuran resmi MBKM Fapet Unpad digelar dalam rangka Dies Natalis ke-58 Fapet Unpad. Acara yang dihadiri Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti ini menampilkan narasumber yaitu perwakilan Yayasan Edu Farmers International selaku mitra MBKM Fapet Unpad Lucky Nurrahman serta Indrawati Yudha Asmara.(rilis)*

Share this: