Sebanyak 43 Program Studi di Unpad Lakukan Persiapan Akreditasi Internasional

akreditasi internasional
Kepala Satuan Penjaminan Mutu Universitas Padjadjaran Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si., menjadi narasumber pada kegiatan “Sosialisasi Akreditasi Internasional” secara daring, Kamis (7/10/2021) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Satuan Penjaminan Mutu Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan “Sosialisasi Akreditasi Internasional” secara daring, Kamis (7/10/2021) lalu. Saat ini ada 43 program studi yang sedang mempersiapkan akreditasi internasional.

Akreditasi internasional tersebut dipersiapkan untuk lembaga Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN), Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs (AQAS), dan Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA),

Acara diikuti oleh diikuti oleh Para Dekan, Wakil Dekan, Kepala Departemen, Ketua Program Studi, Ketua Unit Internasionalisasi Fakultas, Tim Kurikulum dan Penyusun Akselerasi Internasional Program Studi di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Dalam sambutannya Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa melalui sosialisasi ini diharapkan peserta dapat menggali strategi dan terobosan dalam proses persiapan akreditasi internasional.

“Sosialisasi ini harus bertindaklanjut dan ter-follow up dengan baik melalui perencanaan yang matang, berkomitmen betul untuk merealisasikannya sehingga diharapkan di tahun 2022 sudah bisa menelurkan hasil,” kata Rektor.

Selain akreditasi internasional, Rektor berharap ada target lain yang ditetapkan dan sekaligus dapat  dikerjakan. Dengan demikian, apa yang dilakukan dapat turut berdampak pada rekognisi internasional dan memperkuat QS world ranking.

Kegiatan sosialisasi akreditasi internasional ini merupakan salah satu dari rangkaian acara pendampingan akreditasi internasional di Unpad, yang bertujuan untuk meningkatkan mutu program studi dalam upaya mewujudkan Unpad sebagai universitas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat.

Acara ini menghadirkan pemateri Kepala SPM Unpad Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si., Pepen Arifin, Ph.D dari ITB, Dr. rer.nat. Nandi, M.T., M.Sc. dari UPI, dan Prof. Nurul Barizah, S.H., LL.M., Ph.D dari Unair. Kegiatan juga diisi dengan penjelasan program Hibah Internal Akreditasi Internasional Unpad oleh Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi, Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D. (rilis/wati)*

Baca juga: Gagas Aplikasi Pendidikan Seksual untuk Anak, Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad Raih Juara di UGM

Share this: