SPM Unpad Gelar Seminar Persiapan Akreditasi Internasional

akreditas internasional
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka Seminar Outcome Based Education (OBE) dalam Rangka Persiapan Akreditasi Internasional melalui Lembaga ASIIN, AQAS dan FIBAA” secara daring pada Kamis, (21/10/2021) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan “Seminar Outcome Based Education (OBE) dalam Rangka Persiapan Akreditasi Internasional melalui Lembaga ASIIN, AQAS dan FIBAA” secara daring pada Kamis, (21/10/2021) lalu.

Acara diikuti para Dekan, Wakil Dekan, Kepala Departemen, Ketua Program Studi, Ketua Unit Internasionalisasi, Tim Kurikulum dan Penyusun Akreditasi Internasional Program Studi, serta peserta eksternal.

Narasumber pada kegiatan ini adalah para akademisi dari berbagai Universitas yang sudah berpengalaman di bidang akreditasi internasional, yakni Dr. Pepen Arifin., Ph.D  dari ITB, Dr. Leni Sophia Heliani, ST., M.Sc  dari UGM dan Dr. Tjokorde Walmiki Samadhi., ST., MT dari ITB.

Dalam sambutannya, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa Seminar OBE ini merupakan persiapan program studi di Unpad dalam rangka mendapatkan akreditasi internasional. Kurikulum yang berbasis outcome ini diharapkan dapat diimplementasikan pada tahun 2022, dengan tidak luput muatan lokal keunpadan.

“Bukan hanya mengukur outcome dan proses terwujudnya outcome namun juga menambahkan kurikuler karakter berbasis nilai luhur Unpad,” kata Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa kurikulum harus setara dengan kurikulum internasional. Dosen dan tenaga kependidikan pun dapat langsung mendukung kurikulum OBE.

Sementara itu Kepala Satuan Penjaminan Mutu Unpad, Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si. menyampaikan penjelasan mengenai Sinkronisasi OBE dengan SPME. Hal ini menjadi penting dikarenakan perancangan kurikulum OBE sangat berpengaruh bagi penguatan Sistem Penjaminan mutu Eksternal.(rilis/wati)*

Share this: