Tingkatkan Kualitas Pendidikan Hukum, FH Unpad Gelar FGD Minta Masukan dari Alumni

Suasana kegiatan diskusi kelompok terpumpun (FGD)
Suasana kegiatan diskusi kelompok terpumpun (FGD) FH Unpad di Hotel Holiday Inn Pasteur, Bandung, Jumat (15/10/2021) lalu.

[Kanal Media Unpad] Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran menggelar diskusi kelompok terpumpun (FGD) dalam rangka persiapan menghadapi akreditasi internasional dari Lembaga Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) secara hybrid di Hotel Holiday Inn Pasteur, Bandung, Jumat (15/10/2021) lalu.

Diskusi tersebut membahas mengenai penggunaan tracer study dan juga survey user yang digunakan untuk mengembangkan kualitas pendidikan, khususnya di FH Unpad. Acara menghadirkan pembicara yang juga alumni FH Unpad, yaitu yaitu Yudhi Wibhisana (ketua Ika FH Unpad), Bebeb AKN Djundjunan (Duta Besar Indonesia di Yunani), Chandra Kurniawan (Partner di IABF Law Group) dan Muhamad Philosophi (CEO dan Founders dari Legalku).

Para narasumber tersebut berbagai pengalaman selama menjalani pendidikan di FH Unpad sekaligus memberikan masukan terhadap apa yang bisa dikembangkan di FH Unpad ke depan.

Dalam paparannya Chandra mengatakan pengayaan kurikulum dirasa perlu agar pembelajaran tidak tertinggal dengan perkembangan hukum yang terjadi. Hal ini dilakukan agar lulusan FH Unpad paham dengan isu hukum terbaru untuk meningkatkan daya saing mereka dengan lulusan FH lainnya.

“Kurikulum yang sudah ada juga perlu diimbangi dengan praktik karena di lapangan, banyak sekali teori-teori yang berbeda dengan penerapannya,” kata Chandra.

Sementara Philosophi menyarankan penguatan pemberian keterampilan nonteknis kepada mahasiswa. Kesempatan melakukan jejaring internal maupun eksternal kampus hingga pengembangan jiwa kewirausahaan perlu dilakukan oleh fakultas.(rilis)*

Share this: