Unpad Berikan Penghargaan kepada Mahasiswa Atlet PON XX Papua 2021

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti disaksikan Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Medy Rachmadi, M.S., menyerahkan sertifikat penghargaan dan insentif kepada mahasiswa Faperta Alam Fajar Kusuma yang berhasil meraih medali emas pada ajang PON XX Papua untuk cabang olahraga Hockey Putra Beregu pada pertemuan yang digelar di selasar lantai I Gedung Rektorat, Jatinangor, Kamis (28/10/2021). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran mengapresiasi prestasi yang diraih sejumlah mahasiswa pada ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2 – 15 Oktober lalu. Dari 25 mahasiswa yang menjadi atlet, 14 di antaranya berhasil meraih medali.

Sebagai bentuk apresiasi, Unpad memberikan penghargaan berupa sertifikat dan insentif kepada mahasiswa yang berhasil memperoleh medali. Peraih medali emas perorangan mendapatkan insentif sebesar Rp 10 juta, medali perak perorangan sebesar Rp 8 juta, dan medali perunggu perorangan sebesar Rp 6 juta. Sementara peraih medali beregu memperoleh insentif sebesar Rp 6 juta untuk emas, Rp 4 juta untuk perak, dan Rp 3 juta untuk perunggu.

“Kami bangga pada mahasiswa Unpad yang sudah menjadi, bukan hanya atlet, tetapi juga mewakili Jawa Barat dan wilayah lainnya,” kata Rektor saat melakukan pertemuan dengan para mahasiswa peraih medali PON XX Papua di selasar lantai I Gedung Rektorat, Jatinangor, Kamis (28/10/2021).

Rektor menjelaskan, para atlet mahasiswa sudah menjadi duta Unpad. Hal ini tentu membanggakan bagi universitas. Pasalnya, keberhasilan mahasiswa dalam meraih medali di ajang olahraga tingkat nasional secara otomatis akan mengangkat nama Unpad di Papua.

Untuk itu, Rektor mengharapkan prestasi yang berhasil diraih harus terus dirawat. Mahasiswa dapat menorehkan prestasi serupa pada kompetisi olahraga lainnya dengan tetap membawa nama baik almamater Unpad.

Selain itu, mahasiswa juga didorong tidak hanya beprestasi di bidang olahraga, tetapi juga mampu menorehkan prestasi di bidang akademik. Kemahiran olahraga yang dimiliki dapat dilengkapi dengan kemampuan dan keterampilan di bidang akademik.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan, sebagai atlet, mahasiswa telah ditempa dengan nilai-nilai positif, seperti kerja keras, disiplin, dan sportivitas. Sikap-sikap ini diharapkan mampu membentuk karakter mahasiswa ke depan.

Baca juga: Mahasiswa dan Alumni Unpad Ikuti Program Jabar Innovation Fellowship Batch 2

“Ini adalah pengalaman baik untuk menjadikan karakter Anda lebih kuat. Terus kembangkan bakatnya di bidang olahraga untuk membentuk skill lainnya,” kata Rektor.

Pertemuan yang digelar bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Wakil Rektor serta Dekan dan Manajer dari sejumlah fakultas. Rektor mengatakan, lengkapnya jajaran pimpinan yang mengikuti pertemuan tersebut merupakan bentuk apresiasi untuk para mahasiswa.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan, 25 mahasiswa tersebut tidak hanya mewakili Jawa Barat. Akan tetapi mewakili wilayah lainnya, di antaranya Lampung, DKI Jakarta, dan Sumatera Barat.

Tercatat, atlet mahasiswa tersebut berasal dari beberapa fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (5 mahasiswa), Fakultas Ilmu Budaya (2 mahasiswa), Fakultas Ilmu Komunikasi (5 mahasiswa), Fakultas Pertanian (2 mahasiswa), Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian (2 mahasiswa), FISIP (3 mahasiswa), Fakultas Hukum (3 mahasiswa), Fakultas Kedokteran (2 mahasiswa), dan Fakultas Kedokteran Gigi (1 mahasiswa).

Pada ajang PON XX Papua tersebut, total medali yang berhasil diraih para mahasiswa adalah emas 4 buah, perak 4 buah, dan perunggu 5 buah.*

Data Mahasiswa Unpad Peraih Medali di PON XX Papua

NoNamaFakultasMedaliCabang OlahragaAsal Daerah
1Ronaldo OktaFikomEmasSoftbal PutraLampung
2Citra PurbasariFTIPEmas Hockey Indoor Putri (beregu)Jabar
3Windi LestariFHEmasHockey Indoor Putri (beregu)Jabar
4Alam Fajar KusumaFapertaEmasHockey Indoor Putra (beregu)Jabar
5Adji Gilang RianoFikomPerakSoftball PutraDKI Jakarta
6Israelly RexFikomPerakBasket 3×3 PutraJabar
7Vioky RachmaloFEBPerakBasket 3×3 PutraJabar
8Aji Satria FISIPPerakFutsal PutraJabar
9M. Aragani Abi AkbariFKGPerakSoftball PutraDKI Jakarta
10Andika Dwiki ArislanFIBPerakTarung Derajat PutraJabar
11ApriliandyFPIKPerungguCricketJabar
12Aura ParamaratriFISIPPerungguPanjat Tebing PutriJabar
13Rio MuhammadFikomPerungguTarung Derajat PutraJabar
14Lula MariaFEBPerungguBasket 5×5 PutriDKI Jakarta

Data Mahasiswa Unpad Peserta PON XX Papua

Share this: