HSE Geologi Unpad Lakukan Pengabdian di Pantai Muara Sawah Kabayan, Lebak

Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di kawasan Pantai Muara Sawah Kabayan, Desa Muara, Lebak, Banten.*

[Kanal Media Unpad] Organisasi Health, Safety, and Environment Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten, 5 – 7 November 2021 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa melaksanakan sejumlah kegiatan, yaitu penanaman 1.000 bibit mangrove, pemasangan papan keselamatan, pembuatan tempat pembuangan sampah, sosialisasi Emergency Response Plan (ERP) dan Hazard Identification and Risk Assesment (HIRA), HSE Mengajar, dan program nirsampah (zero waste).

Penanaman bibit mangrove tersebut berlokasi di kawasan Pantai Muara Sawah Kabayan, Desa Muara, Lebak, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pemilihan pantai ini didasarkan adanya abrasi yang sangat tinggi di lokasi ini.

Selain itu, kawasan pantai ini juga memiliki tumpukan sampah yang cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu, HSE Geologi Unpad bersama Geocentric melakukan aksi nirsampah dan membangun TPS sederhana. Hal ini bertujuan membangun pemahaman masyarakat sekitar untuk peduli terhadap kebersihan Pantai Muara Sawah.

“Kami bersama warga sekitar sangat berterimakasih untuk mahasiswa Unpad yang sudah kembali lagi untuk menjaga pelestarian mangrove disini” ujar Direktur Eksekutif Wahana Mangrove Indonesia Nurul Ikhsan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Di bidang mitigasi kebencanaan, HSE Geologi Unpad turut membantu memberikan informasi terkait keselamatan dan kebencanaan kepada warga melalui pemasangan papan keselamatan dan plang ERP. Para mahasiswa juga melakukan sosialisasi kepada pelajar SDN Muara 3 terkait materi dasar mitigasi kebencanaan.

“Semoga seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan pada annual event HSE Geologi Unpad di tahun ini dapat memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh semua orang dan bisa menjadi contoh untuk selalu peduli dan melestarikan lingkungan,” ujar Project Officer Askara Sawahita (Annual Event HSE Geologi Unpad 2021) Ade Rizky.(rilis)*

Share this: