Ini Dampak Buruk Kebiasaan Bernapas Lewat Mulut pada Anak

bernapas lewat mulut
Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Dr. drg. Risti Saptarini Primarti, Sp.KGA(K), menjadi pembicara pada Webinar Series Pengabdian FKG Unpad yang digelar secara daring, Kamis (25/11/2021).*

[Kanal Media Unpad] Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Dr. drg. Risti Saptarini Primarti, Sp. KGA (K) mengatakan bahwa kebiasaan bernapas lewat mulut harus dapat dicegah sedini mungkin. Bernapas lewat mulut dapat menimbulkan sejumlah dampak buruk bagi anak.

“Jadi kita membiasakan anak bernapas lewat hidung itu sejak dini,” ujar Risti pada Webinar Series Pengabdian FKG Unpad yang digelar secara daring, Kamis (25/11/2021).

Risti mengatakan, salah satu dampak negatiif bernapas lewat mulut adalah timbulnya gangguan tumbuh kembang gigi dan rahang atau maloklusi. Hal ini terjadi karena ada hubungan fungsi rongga mulut atau fungsi oral dengan tumbuh kembang gigi dan rahang.

“Fungsi bernapas, fungsi penenelanan, fungsi pengunyahan itu sangat berkorelasi dengan tumbuh kembang gigi dan rahang. Jadi kalau ingin giginya terlihat rapi dapat berfungsi dengan baik, ketiga fungsi ini juga harus berjalan baik sejak lahir,” jelas Dr. Risti.

Untuk menghindari kebiasaan bernapas lewat mulut sejak bayi, posisi menyusu pun harus benar. Dr. Risti menjelaskan, proses menyusu yang benar adalah ibu dalam posisi duduk, bayi diletakkan pada pangkuan ibu, dan kepala bayi terletak pada posisi 45-70 derajat terhadap payudara ibu.   

Jika posisi bayi telentang, dapat menimbulkan celah pada rongga mulut sehingga bayi dapat bernapas lewat mulut.

“Jangan sampai menyusui bayi dalam posisi bayi telentang atau tidur karena itu tidak baik dalam proses tumbuh kembang rahangnya,” ujar Risti.

Selain itu, jika bayi atau anak tidur dengan mulut terbuka, sebaiknya dibantu oleh tangan orang tua untuk mengatupkan mulutnya.

Dikatakan Risti, rongga mulut merupakan gerbang utama masuknya nutrisi. Rongga mulut yang sehat juga baik bagi tumbuh kembang anak. Untuk itu, penting untuk mempertahankan fungsi rongga mulut yang ideal.

Selain penyimpangan tumbuh kembang rahang dan gigi, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat mengakibatkan udara yang masuk tidak difiltrasi rongga hidung, mengganggu kualitas tidur, dan mengganggu sistem tubuh. Kualitas hidup anak pun dapat terganggu.

Selain faktor kebiasaan, bernapas lewat mulut juga dapat diakibatkan karena adanya hambatan di saluran napas atau gangguan anatomi, seperti bibir yang pendek atau ada penyumbatan di hidung.

Untuk itu, hambatan tersebut perlu ditangani terlebih dahulu oleh dokter THT. Jika hambatan sudah diperbaiki, penanganan akan dilanjutkan oleh dokter gigi anak untuk menghilangkan kebiasaan bernapas lewat mulut.

“Jadi biasanya dokter gigi akan bekerja sama dengan dokter-dokter lain untuk merawat pasien ini,” ungkap Dr. Risti.

Selain D. Risti, acara tersebut juga menghadirkan pembicara Dr. Meirina Gartika, drg., Sp. KGA (K) dengan materi mengenai pencegahan pertumbuhan plak pada gigi anak.(arm)*

Share this: