Kementerian PUPR Selesaikan Renovasi Stadion Jati Padjadjaran untuk Piala Dunia U20

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti dengan Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Supriyanto menandatangani naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN) dan Berita Acara Serah Terima BMN perihal penyerahan Stadion Jati Padjadjaran di kampus Unpad, Jatinangor, Senin (8/11/2021).*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran secara resmi menerima kembali Stadion Jati Padjadjaran yang selesai direnovasi Kementerian PUPR. Proses renovasi dilakukan untuk menyiapkan Stadion Jati Padjadjaran sebagai salah satu venue latihan dari ajang Piala Dunia U20 pada 2023 mendatang.

Penyerahan stadion dilakukan melalui penandatanganan naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN) dan Berita Acara Serah Terima BMN oleh Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Supriyanto dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di lapangan Stadion Jati Padjadjaran kampus Unpad, Jatinangor, Senin (8/11/2021).

Iwan mengatakan, Indonesia menjadi tuan rumah dari pelaksanaan Piala Dunia U20. Sedianya, kejuaraan ini akan digelar pada 2021. Namun, mengingat situasi pandemi yang belum baik, pelaksanaannya ditunda hingga 2023.

Unpad ditetapkan menjadi salah satu lapangan latihan untuk Piala Dunia U20. Sebelumnya, stadion Unpad juga pernah menjadi lapangan latihan saat gelaran Asian Games 2018.

Penetapan Unpad sebagai salah satu venue dilakukan sesuai dengan program FIFA yang mendorong penguatan kompetensi para atlet sepak bola junior. Karena itu, infrastruktur stadion yang berada di kawasan pendidikan perlu optimal disiapkan.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR di antaranya renovasi lapangan, menyiapkan lampu stadion berstandar liga nasional, pembangunan drainase, penyediaan gawang dan tiang tendangan sudut, hingga renovasi ruang ganti, ruang massage, dan ruang official.

Kendati pelaksanaan Piala Dunia U20 mundur dua tahun, pihaknya berkomitmen bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk secepatnya menyusun aturan terkait pengelolaan stadion.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengapresiasi apa yang dilakukan Kementerian PUPR dalam melakukan renovasi Stadion Jati Padjadjaran. Ia mengatakan, Unpad mendukung upaya pemerintah dalam menunjang persiapan atlet sepak bola tanah air. Salah satunya dengan penyiapan lapangan latihan berstandar.

“Maknanya, Unpad punya tambahan fasilitas olahraga yang baik dan didedikasikan untuk masyarakat atlet sepak bola,” kata Rektor.*

Share this: