Ketua KPPU RI Sekaligus Akademisi Unpad Kodrat Wibowo Meninggal Dunia

Kodrat Wibowo, PhD. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali berduka. Salah seorang putra terbaiknya, Kodrat Wibowo, PhD, meninggal dunia pada usia 50 tahun di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Kodrat merupakan dosen aktif pada Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Hingga akhir hayatnya, almarhum tengah mengemban amanat sebagai Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI periode 2020-2023.

Kodrat Wibowo lahir di Bogor, 15 April 1971. Di bidang keilmuannya, Kodrat merupakan ahli ekonomi mikro, statistik dan ekonometrika, keuangan dan kebijakan publik, serta perencanaan pembangunan. Pendidikan Doktor pada bidang Ekonomi Publik diraih Kodrat dari Oklahoma University, Amerika Serikat, pada 2003.

Selain mengajar, Kodrat Wibowo aktif sebagai peneliti senior di Center for Economics and Development Studies (CEDS) FEB Unpad. Pada 2015, Kodrat ditetapkan sebagai Anggota Majelis Wali Amanat Unpad dari unsur Senat Akademik hingga 2018.

Kodrat Wibowo juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad. Selama menjabat sebagai Kadep, Unpad berhasl masuk ke dalam 5 kampus dengan subyek ekonomi dan ekonometrika terbaik di Indonesia berdasarkan hasil pemeringkatan QS World University Ranking by Subject 2013.

Jabatan lain di luar karier akademiknya adalah Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Koordinator Jawa Barat, Wakil Direktur Lembaga Kajian Independen Kebijakan Publik (LPIKP), dan Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Wening Kota Bandung.

Kodrat ditetapkan sebagai Ketua KPPU RI pada 15 Desember 2020 berdasarkan hasil Rapat Komisi KPPU yang dilaksanakan pada 28 November 2020. Sebelum menjabat sebagai Ketua KPPU, Kodrat menjabat sebagai Anggota Komisioner KPPU tahun 2018 – 2023.*

Share this: