Kuatkan Riset Agroindustri, FTIP Unpad Gelar Seminar Nasional Teknologi Industri Pertanian

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Kemendikbudristek Dr. Paristiyanti Nurwadani dan Deputi Badan Riset dan Inovasi Nasional Dr. Mego Pinandito, menjadi pembicara kunci Seminar Nasional Teknologi Industri Pertanian 2021 bertema “Inovasi Teknologi dan Hilirisasi Riset Menunjang Agroindustri Unggul”, Rabu (24/11/2021) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Program Studi Teknologi Industri Pertanian (Tin) Fakultas Teknologi Industi Pertanian Universitas Padjadjaran menggelar Seminar Nasional Teknologi Industri Pertanian 2021 bertema “Inovasi Teknologi dan Hilirisasi Riset Menunjang Agroindustri Unggul”, Rabu (24/11/2021) lalu.

Ketua pelaksana seminar, Selly Harnesa Putri, M.P., mengatakan, seminar yang bekerja sama dengan Asosiasi Agroindustri Indonesia, Forum Komunikasi Prodi Tin Indonesia, dan Universitas Trunojoyo ini dihadiri sekira 190 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti secara resmi membuka gelaran seminar ini. Dalam kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan pentingnya hilirisasi dan komersialisasi riset untuk agroindustri unggul demi meningkatkan daya saing bangsa.

Seminar menghadirkan pembicara kunci Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Kemendikbudristek Dr. Paristiyanti Nurwadani dan Deputi Badan Riset dan Inovasi Nasional Dr. Mego Pinandito.

Dalam papaparannya Paristiyanti menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga penelitian, perguruan tinggi, serta pihak industri untuk memajukan riset di Indonesia. Ini dilakukan agar capaian dari riset tersebut dapat digunakan untuk kepentingan industri dan masyarakat secara keseluruhan.

Seminar juga menghadirkan pembicara undangan, yaitu Guru Besar FTIP Unpad Prof. Dr. Roni Kastaman, Guru Besar ITB Prof. Dr. Subagjo, Guru Besar Unand Prof. Dr. Noviizar Nazir, Deputi Kawasan Sains dan Teknologi Unpad Dr. Lukito Hasta, Plt. Kepala Puslit Biomaterial BRIN Dr. Akbar Hanif Dawam Abdullah, serta Dosen IPB Dr. M. Najib.

Pada ses paralel, seminar diisi dengan presentasi hasil penelitian dari 38 presenter dari beberapa universitas di Indonesia.

Penelitian yang disampaikan berfokus pada optimasi manajemen prtanian, optimasi proses produksi, serta optimasi analisis produk agroindustri.

Ketua Prodi Tin Unpad Dr. Efri Mardawati mengharapkan, kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan melalui kolaborasi penerapan inovasi teknologi dan hilirisasi riset di bidang agroindustri. (rilis)*

Share this: