Lulusan Perguruan Tinggi Harus Memiliki Kemampuan Kerja

Team Leader Career Services & Psychologist dari Maastricht University Jerome de Liege menjadi pembicara pada acara “Career Talk & Further Study Insight” yang digelar Pusat Pengembangan Karier Universitas Padjadjaran, Sabtu (30/10/2021).*

[Kanal Media Unpad] Untuk memperkaya informasi kepada mahasiswa dan lulusan mengenai persiapan karier di masa depan, Pusat Pengembangan Karier Universitas Padjadjaran menggelar “Career Talk & Further Study Insight” secara daring, Sabtu (30/10/2021).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan lebih banyak informasi tentang bagiaimana mempersiapkan karier dengan baik sejak awal,” ujar Kepala Pusat Pengembangan Karier Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum.

Selain itu, acara ini juga memberikan informasi tentang studi dan beasiswa di Belanda dan Jepang. Acara ini sendiri merupakan bagian dari Unpad Virtual Job Fair 2021.

Sementara itu Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D. mengharapkan para peserta dapat mendapat inspirasi mengenai karier di masa depan melalui acara ini.

“Informasi dari  para pembicara diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiwa mengenai apa yang akan mereka lakukan setelah lulus dari Unpad,” ujar Fahmi.

Acara tersebut menghadirkan Team Leader Career Services & Psychologist dari Maastricht University Jerome de Liege, Appointed Representative of Hokkaido University Verawati, dan Senior Conselor at Grow Athila Kristi.

Pada kesempatan tersebut, Jerome memaparkan mengenai pentingnya memiliki kemampuan kerja atau employability dalam karier. Dijelaskan Jerome, setidaknya ada empat kompetensi untuk memiliki kemampuan kerja, yaitu academic expertise and skills, self-awareness, adaptability, social responsibility.

Terkait academic expertise and skills, Jerome menjelaskan bahwa hal tersebut terkait dengan pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh dari pendidikan yang ditempuh, berhubungan dengan bidang studi hingga komptenesi lain seperti critical thinking, problem solving, dan information literacy.

Sementara untuk self-awarenss, Jerome mengatakan pentingnya pengenalan diri seperti tujuan, kekuatan, kelemahan, serta nilai-nilai.

“Pengenalan diri merupakan hal yang harus dilakukan jika kita berbicara mengenai persiapan perjalanan karier,” ujar Jerome.

Selain itu, kemampuan adaptasi juga penting dimiliki terutama dalam menghadapi dunia kerja yang terus mengalami perubahan. Kemampuan adaptasi juga diperlukan dalam perencanaan studi lanjut di lingkungan yang berbeda.

Jerome juga menyebutkan pentingnya kemampuan sosial, dimana kemampuan ini diperlukan untuk membangun tim yang solid dan mengembangkan jejaring.

“Jangan lupakan jejaring. Jejaring juga berperan dalam menemukan pekerjaan yang tepat,” ujar Jerome.*

Share this: