Prodi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Unpad Raih Akreditasi Unggul dari LAM-PTKes

spesialis jantung dan pembuluh darah
Foto bersama
spesialis jantung dan pembuluh darah
Foto bersama tim asesor dan staf akreditasi dari Program Studi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.*

[Kanal Media Unpad] Program Studi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memperoleh peringkat akreditasi “Unggul” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes.).  

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 0463/Lam-PTKes/ Akr/Spe /XI/2021 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Studi Spesialis Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Universitas Padjadjaran yang ditetapkan di Jakarta  pada tanggal 12 November 202I. 

Pencapaian Akreditasi Unggul ini diperoleh melalui serangkaian proses asesmen lapangan yang dilakukan secara daring (online) padai 28 – 29 Oktober 2021 lalu oleh Tim Asesor Prof. Dr.dr. Suharyo Hadisaputro, Sp.PD-KPTI dari Universitas Diponegoro dan Dr. dr. I Gusti Putu Suka Aryana Sp.PD 2021 -KGer, FINASIM dari Universitas Udayana.

Pada kegiatan asesmen tersebut hadir Rekto Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE, Kepala SPM Unpad  Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita., M.Si., Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr. dr. Yudi Mulyana Hidayat SpOG, serta para Wakil Dekan, Kaprodi, Kepala Departemen, Manajer, dosen, tim akreditasi, tenaga Kependidikan, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan.

Ketua Program Studi PPDS I Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK Unpad,  Dr. Januar Wibawa Martha, dr. SpPD. MPH. SpJP(K)., mengatakan bahwa perolehan akreditasi “Unggul” ini merupakan hasil kerja keras, kerja sama dan dukungan dari semua pihak mulai dari tingkat prodi, departemen, fakultas  dan universitas.

Prodi ini sebelumnya telah terakreditasi “A” (Sangat Baik) oleh LAM-PTKes dengan menggunakan instrumen 7 standar dan kini meraih peringkat “Unggul” melalui serangkaian proses akreditasi dengan menggunakan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0 melalui sembilan kriteria, yaitu: (1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi; (2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama; (3) Mahasiswa; (4) Sumber Daya Manusia; (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana; (6) Pendidikan; (7) Penelitian; (8) Pengabdian kepada Masyarakat; dan (9) Luaran dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi.

“Untuk pemenuhan kebutuhan data akreditasi dilakukan dua bulan sebelumnya. Berkat koordinasi dan kerja sama yang baik sekalipun masih dalam kondisi pandemi dan PPKM dan dilakukan secara daring dapat berjalan dengan baik dan sukses,” ungkap Januar.

Kepala Satuan Penjaminan Mutu Unpad, Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si. juga turut berbahagia atas pencapaian ini.

“Alhamdulillah bertambah satu lagi prodi yang ’Unggul’ di Unpad. Selamat kepada sivitas akademika Fakultas Kedokteran Unpad, semoga selalu berjaya dalam peningkatan mutu,” ucap Funny.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Unpad  Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., SpOG beserta jajarannya dan sejawat staf mengucapkan selamat dan sukses serta rasa syukur atas Raihan tersebut. Perolehan akreditasi ini dinilai sangat membanggakan.

“Semoga menjadi tauladan dan penyemangat bagi departemen dan Prodi yang ada di lingkungan Fakultas Kedokteran Unpad dan terus ditingkatkan untuk kemaslahatan pendidikan dan bermamfaat untuk masyarakat luas,” harap Prof. Yudi hidayat. (rillis/wati)*

Share this: