Sebanyak 416 Mahasiswa Ikuti KKN Tematik Kesehatan Unpad-Unicef

KKN tematik kesehatan
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita memberikan sambutan dalam acara pelepasan KKN Tematik Kesehatan Tahun 2021 secara virtual, Kamis (25/11/2021).*

[Kanal Media Unpad] Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita melepas peserta KKN Tematik Kesehatan 2021 secara daring, Kamis (25/11/2021). KKN Tematik Kesehatan 2021 merupakan kerja sama Unpad dengan Unicef untuk turut berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan di masyarakat, terutama terkait Pandemi Covid-19.

“Kita tahu bahwa masalah pandemi ini dan masalah kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk menuju Indonesia maju, Indonesia sehat, dan masyarakat yang lebih bermadani dan bermanfaat,” ujar Prof. Arief dalam sambutannya.

Dengan KKN Tematik Kesehatan ini, diharapkan peserta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sesuai dengan cita-cita Unpad untuk bermanfaat dan mendunia.

“Salah satu kemanfaatan perguruan tinggi adalah bagaimana menciptakan value pada masyarakat sehingga pada keadaan yang sangat relevan saat ini adalah bagaimana Covid-19 yang belum selesai kita hadapi, tantangan-tantangan untuk mempersiapkan dunia yang lebih baik setelah masa pandemi ini,” ujar Prof. Arief.

Selain itu, melalui kegiiatan tersebut, mahasiswa diaharapkan dapat mendapatkan pengalaman yang dapat menjadi pembelajaran dengan melihat situasi nyata di masyarakat.

“Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat penting sehingga teman-teman mahasiswa tidak melewatkan kegiatan ini dengan begitu saja tapi menjadi suatu bekal yang juga bisa nanti teman-teman mahasiswa terapkan. Tidak hanya untuk mahasiswa kesehatan, tetapi juga untuk mahasiswa yang lain, yang nanti akan terjun ke masyarakat sebagai insan abdi masyarakat,” kata Prof. Arief.

Prof. Arief juga mengapresiasi kolaborasi berbagai mitra, khusunya Unicef dan pemerinrah daerah atas terwujudnya kegiatan ini.

“Semoga kehadiran mahasiswa di masyarakat akan memberikan banyak kemanfaatan sesuai dengan tujuan KKN tematik bidang kesehatan ini,” harap Prof. Arief.

Chief of Health UNICEF Indonesia Sowmya Kadandale mengatakan bahwa peran generasi muda sangat penting dalam upaya menangani permasalahan kesehatan, khususnya Pandemi Covid-19. Ia pun mengapresiasi hadirnya mahasiswa Unpad untuk turut berkontribusi menghadapi pandemi Covid-19 dan tantangan lainnya.

Baca juga: Unpad Luncurkan Hibah Inovasi Pembelajaran Daring

Seperti diberitakan sebelumnya, KKN Tematik Kesehatan kali ini akan menyoroti tiga hal,  yaitu percepatan vaksinasi Covid-19, memantau penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, serta peningkatan cakupan imunisasi balita lengkap di Jawa Barat.

KKN dilakukan secara hybrid, diikuti 416 mahasiswa Unpad dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) sebanyak 34 orang. Mahasiswa tersebut tersebar di 34 desa di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cirebon. Pelaksanaan KKN digelar hingga 25 Desember 2021.(arm)*

Share this: