Siapkan Talenta Digital Terampil, Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Program Bangkit 2022

[Kanal Media Unpad] Kemendikbudristek RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuka program pembinaan talenta digital terampil bagi mahasiswa Indonesia bertajuk “Bangun Kualitas Manusia Indonesia” (Bangkit). Program Bangkit terafiliasi dengan program Kampus Merdeka-Studi Independen Besertifikat (SIB).

Koordinator program Bangkit di Universitas Padjadjaran Dessy Novita, M.T., PhD, menjelaskan, dalam menyiapkan talenta digital terampil tersebut, Program Bangkit berkolaborasi dengan Google bersama Gojek-Tokopedia (GoTo), Traveloka, dan Deeptech Foundation. Sebanyak 15 perguruan tinggi Indonesia, termasuk Unpad, menjadi mitra prioritas pelaksana program tersebut.

Program Bangkit menyediakan tiga kurikulum pembelajaran, yaitu machine learning, cloud computing, serta pemograman android. Seluruh materi pembelajaran disampaikan dalam bahasa Inggris.

“Selain tiga kurikulum tadi, ada satu lagi pembelajaran untuk mengasah softskill. Mahasiswa diajak untuk menjadi lebih percaya diri, self confidence, dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, baik menulis ataupun presentasi,” tutur Dessy.

Lebih lanjut Dessy mengatakan, pelaksanaan program Bangkit akan digelar selama enam bulan, mulai Februari hingga Juli 2022. Ada beberapa benefit yang bisa diperoleh mahasiswa peserta program tersebut.

Benefit tersebut yaitu, pengajar merupakan praktisi digital di tingkat internasional, mendapatkan sertifikat pelatihan gratis dari Google, serta hasil pelatihan bisa dikonversi senilai 20 SKS. Di akhir program, mahasiswa didorong melakukan proyek berupa membuat usaha rintisan. Sebanyak 15 proyek usaha rintisan yang berhasil akan didanai Google dan Dikti hingga senilai Rp 140 juta.

“Program ini penting untuk menambah ilmu pengetahuan mahasiswa di era transformasi digital,” imbuhnya.

Selain itu, mahasiswa juga berkesempatanmenjadi salah satu kandidat untuk mengikuti program Univerisity Internasional Fellowship (UIF) dari Stanford University.

Program Bangkit terbuka bagi mahasiswa dari berbagai program studi. Untuk bisa mendaftar program ini, mahasiswa sudah menginjak semester 6, memiliki keterampilan bahasa Inggris, serta melampirkan surat pernyataan untuk fokus mengikuti pelatihan selama 6 bulan ke depan.

Pendaftaran proram Bangkit dilakukan melalui https://bangkit.academy/. Pendaftaran ditutup hingga 31 Desember 2021.*

Share this: