Tiga Mahasiswa Geofisika Unpad Juarai Kompetisi Desain Eksplorasi

Tiga mahasiswa Program Studi Geofisika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran juara pertama kompetisi “Land of Geoscience” kategori Exploration Design Competition yang digelar UPN Veteran Jakarta, Sabtu (13/11/2021) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Tiga mahasiswa Program Studi Geofisika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran meraih juara pertama pada kompetisi “Land of Geoscience” kategori Exploration Design Competition yang digelar UPN Veteran Jakarta, Sabtu (13/11/2021) lalu.

Tiga mahasiswa Geofisika Unpad tersebut yaitu Krishna Agra Pranatikta, Muhammad Nadhif Rizqia, dan Muhammad Abdillah Budianto dengan dosen pembimbing Dr. Eleonora Agustine, M.T.

Ketiganya mengangkat proposal penelitian bertajuk “Eksplorasi Potensi Energi Panas Bumi Menggunakan Metode Gaya Berat, Geomagnetik, dan Magnetotellurik Studi Kasus Dataran Tinggi Dieng, Provinsi Jawa Tengah”.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad disebutkan, Exploration Design Competition merupakan salah satu mata lomba yang merancang eksplorasi maya, seolah-olah kajian benar-benar akan dilakukan di lapangan dengan mempertimbangkan keefektifan metode yang digunakan, serta efisiensi biaya semaksimal mungkin.

Kompetisi ini dilakukan dalam bentuk tim yang terdiri dari tiga orang anggota. Tahapan kegiatan Exploration Design Competition meliputi seleksi daring, pemberian studi kasus beserta data pendukung, pengumpulan studi kasus, serta tahap presentasi.

Melalui lomba ini, diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman dan pembelajaran dalam membuat desain survei yang efektif dan efisien mengenai kajian permukaan bumi.

“Secara keseluruhan, jalannya kompetisi sangat menarik karena kompetisi melibatkan kurang lebih 15 finalis yang menjadikan kompetisi semakin kompetitif dan kami selaku peserta semakin tertantang menyajikan hasil yang terbaik,” kata Nadhif.(rilis)*

Baca juga: Opinion Leader Berperan Penting Membangun Komunikasi Kesehatan untuk Melawan Covid-19

Share this: