Unpad, AIS Forum, dan UNDP Gelar Webinar Bahas Ekonomi Biru

Ekonomi biru
Para panelis pada
Ekonomi biru
Para panelis pada seri webinar “Archipelagic and Island States Forum”, Selasa (26/10/2021) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran bersama Archipelagic and Island States (AIS Forum) dan UNDP menggelar seri webinar “Archipelagic and Island States Forum”, Selasa (26/10/2021) lalu.

Webinar tersebut diisi sejumlah panelis pembicara internasional yang membahas tata kelola maritim dikaitkan dengan pengembangan ekonomi biru. Pengembangan ekonomi biru tersebut diperlukan untuk membangun kekuatan di negara kepulauan.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, seri webinar tersebut dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai negara peserta  AIS Forum.

Ketua Program Studi Sarjana Perikanan PSDKU Unpad Pangandaran Dr. Alexander M.A. Khan bertindak sebagai salah satu panelis. Ia membahas tren terkini mengenai kerangka tata kelola maritim global yang memiliki pengaruhnya di Indonesia.

Guna mewujudkan ekonomi biru di Indonesia, Alex merekomendasikan adanya harmonisasi lebih besar dalam penyusunan target dan strateginya. Harmonisasi diperlukan mengingat saat ini beberapa strategi regional, nasional, hingga internasional sudah ada.

Selain itu, Alex juga menyoroti pentingnya memanfaatkan kearifan lokal dalam mengembangkan ekonomi biru yang lebih inklusif.

Adapun panelis lainnya adalah Dr Antonios Stylianou dari Port Authority of Cyprus dan University of Nicosia, Dr Patricia Kailola dari Anti-Human Trafficking Advocate and Fisheries Scientist, serta  Dr Steve Fletcher, Professor of Ocean Policy and Economy at the University of Portsmouth dan Member dari UN International Resource Panel.(rilis)*

Share this: