Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mendengarkan presentasi dari Sekretaris Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi Arief Firmansyah, M.T., mengenai layanan unggulan yang ada di Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi dalam acara presentasi layanan unggulan direktorat di selasar lantai I Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (10/11/2021). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar presentasi layanan unggulan direktorat di lingkungan kantor pusat. Presentasi dilaksanakan secara luring di selasar lantai I Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (10/11/2021).

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari presentasi yang dilakukan para pimpinan direktorat mengenai layanan unggulan yang ada di unit kerjanya. Pada pameran ini, setiap direktorat menampilkan tiga layanan unggulannya.

” Sebelumnya (pimpinan direktorat) sudah presentasi memiliki layanan berkualitas, dengan jaminan kualitas layanan yang sudah dipraktikkan. Oleh karenanya, hari ini mari kita lihat,” kata Rektor.

Pada pameran ini, Rektor, Wakil Rektor, dan Direktur akan berkeliling ke setiap gerai mengenai layanan apa yang sudah dilakukan di setiap unit kerja. Para pimpinan akan mendengar pemaparan langsung dari Setdir beserta dengan contoh aplikasi yang dilakukan.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, presentasi ini juga bertujuan mengakomodasi peran dan fungsi layanan secara horizontal. Artinya, apakah layanan yang dilakukan di satu unit kerja sudah mengakomodasi kebutuhan unit kerja lain.

“Ke depan kita juga akan pantau dari sisi persepsi fakultas,” kata Rektor.

Diharapkan, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus memperkuat koordinasi antar direktorat di lingkungan Unpad.

“Kalau ternyata hubungan dengan bidang kerja belum diakomodasi, tolong sampaikan,” kata Rektor.

Wujudkan Layanan Prima

Ditemui usai pameran, Rektor mengapresiasi terhadap layanan yang ditampilkan oleh setiap direktorat. Menurutnya, layanan yang diberikan Unpad harus terus menerus dilakukan perbaikan menuju standar kualitas yang unggul (excellent).

“Kita perlu bangga bahwa perbaikan terus menerus atas kualitas layanan setiap direktorat cukup ada kemajuan. Beberapa tadi (pimpinan) juga memberikan perbaikan,” kata Rektor.

Upaya ini menandakan bahwa setiap direktorat di Unpad memiliki semangat untuk menjalankan continous improvement. Hal ini terlihat dari beberapa layanan yang sudah berjalan dengan baik.

Kendati demikian, Rektor mendorong setiap layanan perlu dilakukan evaluasi berkala. Salah satu evaluasi ke depan adalah mengintegrasikan antar direktorat dalam setiap layanan. Ini disebabkan, setiap layanan sejatinya memiliki keterkaitan dengan unit kerja lain.

“Ke depan, kalau sudah ada SOP dan sistem yang baik tinggal didigitalisasikan, sehingga tidak lagi mono-direktorat, tetap ada integrasi antar direktorat,” kata Rektor.*

Share this: