LPPMP UNS Pelajari Pengelolaan Penjaminan Mutu di Unpad

UNS
Foto bersama
UNS
Foto bersama pimpinan dan staf LPPMP UNS saat melakukan kunjungan ke SPM Unpad, Kamis (9/12/2021).*

[Kanal Media Unpad] Satuan Penjaminan Mutu Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Sebelas Maret di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (9/12/2021).

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua LPPMPUNS  Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., dan diterima langsung Kepala SPM Unpad Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita.,M.Si. beserta staff dan didampingi beberapa dosen dari Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang praktik baik yang telah dilakukan SPM Unpad.

“Unpad merupakan perguruan tinggi yang kami pandang punya reputasi yang bagus didukung oleh sistem penjaminan mutu yang bagus pula,  selain itu Unpad merupakan PTN BH yang lebih senior dari kami,”ujarnya.

Sementara Funny Mustikasari menyambut baik kunjungan tersebut. Pada kesempatan itu, Funny menjelaskan kronologis perjalanan penjaminan mutu di Unpad yang memiliki perbedaan dengan PTN lain.

Salah satu perbedaan tersebut, sejak Februari 2017 fungsi Unit Penjaminan Mutu (UPM) di Unpad sempat dihilangkan agar lebih efisien dalam struktur organisasi dengan bertransformasi menggunakan sistem penjaminan mutu yang melekat pada Dekan sebagai penanggung jawab mutu dan berkoordinasi dengan WR 1.

“Mitra kita adalah prodi, SPM bukanlah eksekutor, bukan juga sebagai pengawas akan tetapi sebagai koordinator dan lebih kepada supporting yang bekerja sesuai dengan tusi dan berkoordinasi dengan WR 1,” tandas Funny.

Selain itu Funny juga menjelaskan secara detail mengenai tupoksi, prinsip kerja, peran SPM dalam akreditasi nasional dan internasional, proses tahapan pembukaan, penutupan dan pengembangan prodi, sistem AMIED serta layanan-layanan yang dilakukan oleh SPM. (rilis/wati)*

Share this: