Perdalam Sistem Penjaminan Mutu Internal, Unsil Kunjungi Unpad

unsil
Suasana pertemuan dengan delegasi Universitas Siliwangi (Unsil) di
unsil
Suasana pertemuan dengan delegasi Universitas Siliwangi (Unsil) di Ruang Serba Guna Gedung Rektorat Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (3/12/2021). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Universitas Siliwangi dalam rangka studi banding mempelajari dan menggali pengetahuan tentang sistem penjaminan mutu internal (SPMI). Kunjungan diterima di Ruang Serba Guna Gedung Rektorat Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (3/12/2021).

Delegasi dari Unsil dipimpin langsung oleh Rektor Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M.S. dan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., PhD., bersama Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si, beserta staf SPM dan Tim Akreditasi Internasional dari Prodi Kimia FMIPA Unpad.

Prof. Rudi Priyadi menyampaikan maksud kedatangan tersebut adalah untuk berdiskusi dengan pengelola SPMI Unpad dalam menyusun dokumen, audit mutu dan persiapan menuju akreditasi internasional.

“Penjaminan mutu peranannya sangat besar dalam pencapaian kinerja, sebagai indikator kinerja utama (IKU) tentunya menjadi tantangan bagi kami sebagai PTN yang baru berumur 7 tahun untuk mencapai akreditasi internasional,” ujarnya.

Dalam sambutannya Prof. Arief mengapresiasi praktik baik tentang akreditasi Internasional. “Mari kita sama-sama belajar dan bertukar informasi dengan UNSIL mengenai akreditasi internasional serta pengelolaan mutu agar lebih maju lagi dari apa yang telah kami dapatkan”, sambutnya.

Sementara itu Funny menjelaskan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya SPM Unpad menganut prinsip kerja penjaminan mutu yang berdasarkan pada metode KIKIKAK, yaitu: kerja sama, inovasi, kolaborasi, integritas, kepedulian, apresiasi, dan komunikasi.

Penjaminan mutu Unpad berbasis program studi dan dikoordinasikan secara operasional oleh fakultas, sedangkan peran universitas adalah sebagai motor penggerak. Tugas SPM Unpad adalah merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu secara keseluruhan di Unpad, membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu, memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu, melakukan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu, dan melaporkan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu di Unpad.

Dalam kesempatan tersebut Funny juga menjelaskan tentang layanan-layanan penjaminan mutu yang dilakukan oleh SPM Unpad yaitu: layanan penjaminan mutu; layanan pendampingan penyusunan borang akreditasi (akreditasi nasional dan internasional); layanan visitasi akreditasi; layanan pendidikan dan layanan perkantoran.(rilis/wati)*

Share this: