Peserta Nilai Positif Pelaksanaan Dosen Magang di Unpad

Suasana Penutupan Program Dosen Magang di Unpad yang dilaksanakan secara daring, Jumat (3/12/2021).*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 25 peserta Dosen Magang Kemendikbudristek RI tahun 2021 telah selesai menjalani program di Universitas Padjadjaran. Digelar secara daring selama empat bulan, para peserta memberikan penilaian positif pada penyelenggaraan program tersebut di Unpad.

“Kalau dilihat dari evaluasi, secara umum yang hadir disini merasakan puas,” kata Direktur Sumber Daya Manusia Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D saat menyampaikan laporannya dalam acara Penutupan Program Dosen Magang di Unpad yang dilaksanakan secara daring, Jumat (3/12/2021).

Aulia mengungkapkan, hasil evaluasi tersebut dilihat dari penilaian yang dilakukan peserta dari segi kualitas materi, kualitas narasumber, kualitas sarana prasarana pendukung, kualitas pelayanan pantia program magang kualitas dosen pembina, dan kualitas materi bimbingan.

Kegiatan magang ini dilakukan secara daring mulai 1 Agustus hingga 30 November 2021. Sasaran materi program mencakup pengelolaan perguruan tinggi, pendidikan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, pengembangan kerja sama antar lembaga.

“Semoga program magang ini akan menjadikan para dosen magang yang di Unpad akan menjadi para dosen yang andal serta dapat berguna bagi nusa dan bangsa,” harap Aulia.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H. berharap peserta memperoleh ilmu dan pengalaman berharga dari pelaksanaan program ini.

“Hal-hal yang dipelajari selama di Unpad ini semoga bisa menjadi pembelajaran atau menjadi amunisi Bapak Ibu ketika mengajar dii institusi masing-masing dan ini menjadi modal yang kiranya sangat besar, sangat kuat untuk Bapak Ibu amalkan di intitusi masing-masing,” harap Prof. Ida.

Perwakilan peserta, Eka Sahputra dari UM Bengkulu menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan program Dosen Magang di Unpad. Menurutnya, program diselenggarakan dengan baik, speerti dari segi pengelolaan acara, pendampingan peserta, dan pemberian materi.

Eka juga menilai bahwa dari program ini, ia dan peserta lain banyak menimba ilmu sekaligus mematangkan pribadi mereka sebagai dosen.

“Kami berjanji apa yang telah kami dapatkan akan kami realisasikan dalam bentuk langkah-langkah kecil mungkin kami mulai hingga langkah-langkah besar, baik untuk diri kami pribadi nantinya, atau sebagai bagian dari institusi kami di mana kami berasal,” ujar Eka.

Eka pun berharap hubungan peserta dengan Unpad tidak berhenti di program ini namun bisa terus berlanjut untuk kegiatan lain.

“Kami semua berkeinginan melakukan kerja sama dengan Unpad lebih banyak lagi, dari sisi tridarmanya maupun sisi pengembangan tata kelola perguruan tinggi menuju perguruan tinggi berpedikat unggul layaknya seperti Unpad,” ungkapnya.(arm)*

Share this: