unimor
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menunjukkan dokumen Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani bersama Rektor Universitas Timor Dr. Stefanus Sio, M.P., di ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (13/12/2021). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Timor (Unimor) menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran dalam hal pengembangan kelembagaan. Kerja sama diwujudkan melalui acara penandatanganan Nota Kesepahaman yang digelar di ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (13/12/2021).

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P., dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah pimpinan Unpad dan Unimor.

Stefanus menjelaskan, kerja sama dengan Unpad dilakukan dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia maupun kelembagaan. Sebagai PTN yang baru berdiri tujuh tahun lalu di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Unimor memerlukan dukungan dari banyak perguruan tinggi nasional maupun pemerintah.

“Hal ini sesuai dengan tuntutan regulasi kemudian tuntutan kurikulum perguruan tinggi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, kami tidak bisa melaksanakannya kalau tidak ada MoU,” ujar Stefanus.

Dalam upaya peningkatan kapasitas SDM, saat ini banyak dosen Unimor yang sedang melanjutkan studi Doktor di Unpad. Diharapkan, melalui kerja sama ini, makin banyak dosen maupun pegawai Unimor yang bisa melanjutkan studinya di Unpad.

Stefanus menilai, Unpad merupakan PTN Badan Hukum yang memiliki kemampuan baik dalam meningkatkan sumber dayanya. Untuk itu, menyandang status PTN Baru, Unimor akan belajar banyak mengenai pengelolaan sumber daya di kampus Unpad.

Sementara itu Rektor Unpad mengapresiasi kerja sama dengan Unimor.Silaturahmi awal ini diharapkan dapat membuka jejaring baru pada lingkup perguruan tinggi. “Insyaallah kami akan bantu,” ujarnya.

Kendati telah berusia 64 tahun dan menyandang status PTN Badan Hukum, Unpad telah melalui masa yang sama dengan apa yang tengah dijalani Unimor saat ini. Berawal dari Satker, Unpad terus mengembangkan diri menjadi Badan Layanan Umum hingga menjadi PTN Badan Hukum.

“Insyaallah nanti Unimor bisa maju menjadi BLU menjadi PTN BH di suatu hari nanti,” kata Rektor.

 Untuk itu, Unpad terbuka sebagai perguruan tinggi tujuan studi dari para staf Unimor. Tidak hanya itu, melalui program MBKM, Unpad juga membuka mahasiswa Unimor untuk ikut mengakses pembelajaran di Unpad.

“Meningkatkan kualitas dan rekognisi akademik adalah tujuan yang sama dari setiap PTN,” kata Rektor.*

Share this: