Unpad Kirim Relawan Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Para
Para relawan Universitas Padjadjaran yang akan bertugas membantu penanganan pascabencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran mengirimkan 19 relawan untuk membantu penanganan pascabencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Para relawan dilepas secara resmi oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr.Eng. Boy Yoseph CSSSA di Lapangan UKM Barat Kampus Unpad Jatinangor, Minggu (12/12/2021).

Kepala Pusat Riset Kebencanaan Unpad Dr. Sc. Yoga Andriana Sendjaja, M.Sc., menjelaskan, para relawan merupakan mahasiswa gabungan dari beberapa fakultas dan organisasi kemahasiswan, yaitu Padjadjaran Nursing Corps Fakultas Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi, Unit SAR Unpad, Unit Pencinta Alam Palawa Unpad, KSR PMI Unpad, serta Atlas Medical Pioneer FK Unpad.

“Misi kita mengirim relawan untuk membantu kegiatan relawan lain dan pos-pos darurat di sana,” kata Yoga melalui sambungan telepon, Senin (13/12/2021).

Di sana, tim berfokus untuk membantu para penyintas untuk menemukan anggota keluarganya. Sampai saat ini, banyak korban erupsi Gunung Semeru yang masih hilang. Para relawan masih bekerja keras untuk menemukan para korban.

“Kita lebih berupaya membantu para korban selamat dengan memberi kemudahan akses bagi mereka yang memerlukan,” ujar Yoga.

Rencananya, tim Unpad akan berada di Lumajang selama seminggu. Yoga menuturkan, apabila kondisi di sana masih memerlukan banyak relawan, Unpad akan kembali memberangkatkan relawan lainnya.*

Share this: