kampus ramah disabilitas
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menjadi pembicara pada Gelar Wicara “Rektor Ngobras (Ngobrol Bareng Disabilitas)” yang digelar Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad secara virtual, Jumat (3/12/2021).*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengatakan, Unpad membuka akses seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

“Seluruh warga negara Indonesia punya kesempatan yang sama tidak bisa dibeda-bedakan. Siapapun WNI-nya boleh masuk Unpad,” kata Rektor saat menjadi pembicara pada Gelar Wicara “Rektor Ngobras (Ngobrol Bareng Disabilitas)” yang digelar Unit Kombinasi Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad secara virtual, Jumat (3/12/2021).

Pembukaan akses tersebut menjadi penanda bahwa Unpad siap menjadi kampus ramah disabilitas. Dalam mewujudkan hal tersebut, sejumlah fasilitas telah disiapkan. Mulai dari penyediaan fasilitas ramah disabilitas di setiap gedung, penyiapan modul pembelajaran khusus bagi penyandang disabilitas, penyediaan pendamping belajar, hingga pemberian beasiswa bagi mahasiswa disabilitas.

“Siapapun mahasiswa Unpad tapi teristimewa, pasti diberi beasiswa. Haknya harus sama,” kata Rektor.

Rektor menekankan, mewujudkan kampus ramah disabilitas bukan sekadar menyediakan sarana-prasarana pendukung pembelajaran.

Kampus ramah disabilitas dapat terwujud apabila sivitas akademika maupun tenaga kependidikan mampu memberikan dukungan bagi penyandang disabilitas agar mereka bisa menyelesaikan studi dan berprestasi secara optimal.

Selain itu, komunikasi intens guna meyakinkan penyandang disabilitas dapat berkuliah di Unpad perlu dilakukan. Untuk itu, ke depan Unpad akan mengundang secara khusus calon mahasiswa melalui sosialisasi ke beberapa sekolah luar biasa.

“Kita akan coba komunikasikan ke SLB bahwa Unpad bisa menerima dan ada fasilitas, beasiswa, dan ekosistem yang akan membantu,” kata Rektor.

Acara Gelar Wicara tersebut juga menghadirkan pendiri Severe and Profound Impairment Collective Empowerment (SPICE) Budi Pramono.*

Share this: