Alumni Berperan Penting dalam Peningkatan Kualitas Lulusan Unpad

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menyampaikan paparan kunci secara virtual pada acara “Psychology Alumni Campus Engagement (PACE)”, Sabtu (29/1/2022).*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengharapkan alumni berkontribusi aktif dalam meningkatan kualitas lulusan Unpad. Dukungan alumni dalam pencapaian target mencetak SDM unggul Indonesia 2045 sangat diperlukan.

“Kami berharap alumni bisa ikut berkontribusi. Banyak hal, gagasan, jejaring atau ide kreatif lain dari para alumni yang sangat kami nantikan,” ungkap Rektor saat memberikan paparan kunci pada acara “Psychology Alumni Campus Engagement (PACE)”, Sabtu (29/1/2022).

Rektor menjelaskan, Unpad memiliki banyak alumni prominen dan berkarier di berbagai posisi penting. Untuk itu, Rektor mengajak alumni ikut serta menebarkan manfaat lebih luas membantu meyakinkan bahwa lulusan Unpad adalah lulusan berkualitas.

Sebagai bagian dari keluarga besar Unpad, Rektor membuka lebar alumni untuk kembali ke kampus. Berbagai inspirasi, nostalgia, dan pengalaman di dunia kerja dapat dibagi kepada juniornya di kampus. Hal ini disebabkan, kemampuan akademik saja tidak cukup menjadikan lulusan Unpad menjadi SDM berkualitas.

“Kami mengedepankan pentingnya karakter empati dan soft skill. Dengan demikian, akang teteh alumni dapat menjadi narasumber bagi kami,” tuturnya.

Alumni sukses dan berkualitas diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk mahasiswa agar dapat menjadi generasi penerus. Hal ini didukung dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi media bagi alumni dalam membimbing dan mendukung juniornya untuk bersama meniiti karier di masa depan.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, dalam mencapai target masuk 500 perguruan tinggi terbaik dunia, kontribusi alumni juga diperlukan. Peran serta universitas dan alumni dalam meningkatkan kualitas dan reputasi akademik terus dikomitmenkan oleh Unpad. Kualitas akademik yang baik akan menjadi jaminan mutu bagi alumni Unpad di manapun mereka berada.

“Karena itu, perluasan jejaring menjadi kunci. Alumni menjadi jejaring potensial yang dimiliki Unpad,” kata Rektor.

Dalam mendukung “kembali ke kampus”, Unpad memberikan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan alumni. Alumni dapat memanfaatkan fasilitas e-library maupun perpustakaan fisik di Pusat Pengelolaan Pengetahuan, informasi karier dan tracer study, hingga Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajar sepanjang hayat.

Rektor juga menawarkan kontribusi alumni bagi pengembangan kampus berkelanjutan Unpad melalui program Dana Abadi Padjadjaran. “Kami berharap alumni bisa ikut berkontribusi. Tidak hanya dari segi moneter. Banyak gagasan dan ide kreatif lain yang bisa dibagi kepada kami,” kata Rektor.

Kegiatan PACE digelar secara hybrid yang disiarkan dari The Trans Luxury Hotel, Bandung. Acara yang mengangkat tema “HR Strategies in the New Era of Hybrid Work: Best Practices from Indonesia” ini menghadirkan narasumber Direktur Human Capital Maybank (alumnus Psikologi Unpad 1986) Irvandi Ferizal dan Head of Marketing and R&D Unilever Indonesia (alumnus Psikologi Unpad 1990) Dwiana Kusuma Wardhani.*

Share this: