Fapet Unpad Gelar Pelatihan Ternak Kambing Susu di Cibungur, Sumedang

Foto bersama narasumber dan peserta pelatihan peternakan kambing susu di Desa Cibungur, Sumedang, Rabu (19/1/2022).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan dan sosialiasi peternakan kambing susu kepada masyarakat Desa Cibungur, Rancakalong, Sumedang, Rabu (19/1/2022) lalu.

Kegiatan ini digelar untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai potensi budi daya kambing sus. Di Desa Cibungur sendiri, beberapa masyarakat memiliki hewan peliharaan kambing. Jika diseriuskan, peluang budi daya kambing susu memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Dikutip dari laman resmi Fapet Unpad, melihat peluang tersebut, Pemerintah Desa Cibungur bekerja sama dengan Fapet Unpad menggelar pelatihan dengan narasumber Dosen Fapet Unpad Dr. Iman Hernaman, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang Nandang Suparman, dan pengusaha peternakan “Cibungur Farm” Yudi Lesmana.

Iman menjelaskan, pelatihan digelar agar peternak mampu mengelola budi daya secara efektif dan efisien, menyediakan pakan berkualitas, dan mampu mengelola limbah ternak menjadi pupuk berkualitas.

“Beternak kambing sangat menguntungkan di zaman pandemi ini sehingga diharapkan banyak masyarakat yang akan menjadi peternak kambing,” kata Iman.

Kepala Desa Cibungur Ahmad Solih mengharapkan, pelatihan ini dapat menghasilkan peternak kambing, khususnya jenis kambing susu di Cibungur. “Diharapkan Cibungur dapat menghasilkan susu kambing yang berkualitas sehingga ke depan dapat menjadi sentra susu kambing ataupun sentra bibit kambing,” ujarnya.

Peserta pelatihan sediri terdiri dari kelompok ternak, perwakilan Karang Taruna, LPM, hingga Badan Perwakilan Desa. Usai pelatihan, para narasumber dan peserta melakukan kunjungan langsung ke peternakan Cibungur Farm.(rilis)*

Share this: