Majalah Gentra dan ULT Unpad Raih Penghargaan Anugerah Humas Diktiristek 2021

Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Universitas Padjadjaran Ahmad Baehaqi, M.T., (keempat dari kiri) berfoto bersama dengan Plt. Direktur Jenderal Diktiristek Prof. Nizam (kedua dari kanan) serta para pemenang Anugerah Humas Diktiristek (AHD) 2021 kategori majalah dalam acara yang digelar di Ruang Auditorium Gedung D Komplek Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis (13/1/2022). (Foto: Ditjen Diktiristek)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran meraih dua penghargaan pada ajang Anugerah Humas Diktiristek (AHD) tahun 2021. Pengumuman dan pemberian penghargaan disampaikan pada acara yang digelar di Ruang Auditorium Gedung D Komplek Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Dua penghargaan tersebut adalah terbaik ketiga kategori Majalah PTN Badan Hukum, serta harapan 2 kategori Unit Layanan Terpadu PTN Badan Hukum. Pada kesempatan itu, Unpad diwakili Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Ahmad Baehaqi, M.T.

Untuk kategori majalah, penghargaan diberikan berdasarkan hasil penilaian para juri terhadap dua edisi majalah digital Gentra yang terbit di tahun 2021. Gentra edisi I/2021 terbit pada Mei dengan mengangkat tajuk “Setahun Pandemi”. Sementara edisi II/2021 terbit pada Oktober dengan mengangkat tema “Unpad Siap Menuju Hybrid University”.

“Alhamdulillah, tentu saja apapun hasilnya setiap penghargaan pasti harus kita syukuri,” ujar Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi, M.A., (SUT), PhD.

Diakui Dandi, kiprah Unpad di ajang AHD 2021 belum maksimal. Berdasarkan penilaian para juri, Unpad harus terus meningkatkan kinerja kehumasannya lebih baik lagi. Tidak hanya di dua kategori tersebut, Unpad juga mesti meningkatkan kiprahnya pada kategori lainnya, yaitu media sosial, laman, hingga siaran pers dan konferensi pers.

“Kita syukuri dan harus bisa meningkatkan prestasi kita di tahun ini,” kata Dandi.

Pada 2021, Kantor Komunikasi Publik Unpad memberikan sentuhan baru pada majalah digital Gentra. Digitalisasi majalah cetak yang sudah dilakukan sejak 2017 lalu dirasa belum cukup. Proses interaksi dan penyampaian pesan dirasakan tidak cukup disampaikan melalui teks berita.

Karena itu, tim redaksi memulai edisi Gentra 2021 dengan menerapkan konvergensi media. Gentra tidak hanya diisi oleh teks, tetapi juga ada sematan video yang digabungkan dalam satu artikel. Video membuat berita menjadi lebih “hidup” karena berfungsi untuk memperkuat pesan pada artikel.

Konvergensi pada Gentra diharapkan menjadi ruang baru majalah internal perguruan tinggi di Indonesia.

Selain dua kategori tersebut, Unpad juga mendapat penghargaan lainnya, yaitu Awardee terbaik dalam program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) yang diraih mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Siti Rifanny Nur Alyaa.*

Share this: