Perkaya “Soft Skill” Lulusan, Unpad Kuatkan Aktivitas Kemahasiswaan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita secara virtual membuka kegiatan “Pembinaan dan Peningkatan Soft Skill Mahasiswa” di Hotel Pantai Indah, Pangandaran, (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Aktivitas kemahasiswaan berperan penting dalam membentuk lulusan Unpad yang berkualitas, selain peran akademik. Untuk itu, ke depan kegiatan kemahasiswaan menjadi soko guru utama di dalam proses pendidikan perguruan tinggi.

“Selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, soft skill diharapkan menjadi lebih kuat dibandingkan dengan hard skill,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita saat membuka kegiatan “Pembinaan dan Peningkatan Soft Skill Mahasiswa” secara virtual, Senin (24/1/2022) malam.

Kegiatan pembinaan sendiri digelar secara luring di Hotel Pantai Indah dan kampus PSDKU Unpad di Kabupaten Pangandaran, Senin (24/1/2022) hingga Rabu (26/1/2022). Acara diikuti oleh perwakilan pengurus UKM universitas, pembina UKM, serta para manajer akademik di lingkungan Unpad.

Prof. Arief menjelaskan, saat ini banyak lulusan perguruan tinggi yang memiliki IPK bagus tetapi harus dilakukan pelatihan dari tingkat dasar ketika mereka sudah bekerja. Hal ini menunjukkan kemampuan akademik (hard skill) bukan satu-satunya parameter seorang lulusan perguruan tinggi mampu terjun di dunia kerja.

Untuk itu, organisasi kemahasiswaan (ormawa) diharapkan menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi nonteknisnya (soft skill). Para ketua UKM dapat menggali potensi yang dimiliki anggotanya.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan sikap kepemimpinan dari para pengurus ormawa. “Sehingga nanti kegiatan kemahasiswaan ini menjadi lebih bermanfaat,” kata Prof. Arief.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam menjelaskan, selama tiga hari, peserta kegiatan bersama-sama menyusun perencanaan kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Unpad. Diharapkan kegiatan ini dapat mencapai peningkatan kualitas soft skill mahasiswa.*

Share this: