Siti Rifanny Nur Alyaa Raih Awardee Terbaik Anugerah Kampus Merdeka Diktiristek 2021

Siti Rifanny Nur Alyaa. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran Siti Rifanny Nur Alyaa terpilih menjadi Awardee Terbaik program Indonesian International Studenty Mobility Awards (IISMA) pada Anugerah Kampus Merdeka Diktiristek 2021.

Pemberian penghargaan Anugerah Kampus Merdeka Diktiristek dilakukan di Ruang Auditorium Gedung D Komplek Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Perempuan yang akrab disapa Fanny ini merupakan peserta IISMA di University of Szeged Hungaria. Ia mengikuti program tersebut sejak awal September hingga akhir Desember 2021.  Selama di sana Fanny mengikuti perkuliahan dan berbagai kegiatan kemahasiswaan.

“Segala hal yang saya alami disana jadi pelajaran berharga, jadi lebih rajin dan mengasah soft skill saya juga,” ujar Fanny saat ditemui Kanal Media Unpad, Senin (17/1/2022).

Fanny mengikuti perkuliahan pada program business administration and management, khususnya untuk mata kuliah business ethics, project management, marketing channels, dan business writing. Hampir seluruh mata kuliah yang ia ambil mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.

“Jadi bukan hanya semata belajar dari mata kuliah yang saya ambil,” ungkap Fanny.

Sejumlah kegiatan kemahasiswaan yang diikuti Fanny seperti, pertemuan mahasiswa, lomba dan latihan bahasa Inggris, dan diskusi dinilai menjadi pengalaman yang berharga.

Terkait perkuliahan, Fanny merasa kegiatan belajar di sana sangat menyenangkan. Ia menilai dosen sangat interaktif dan mahasiswa pun dituntut untuk aktif.

Selama menjalani program, Fanny yang juga bertindak sebagai student resentative IISMA untuk University of Szeged ini berupaya fokus menjalani setiap kegiatan agar optimal. Ia berusaha memahami materi kuliah dan menjalani setiap tugas yang diberikan dengan baik.

Kendati di tengah kegiatan ia sempat kelelahan dan dirawat di rumah sakit, ia pun mampu bangkit dan menjadi lebih semangat menjalani kegiatan.

“Kemauan diri saya untuk menyelesaikan program IISMA dengan baik,” ungkap Fanny.

Fanny mengakui mendapat sejumlah tantangan saat mengikuti kegiatan di luar negeri. Ini merupakan kali pertama ia belajar hidup mandiri di luar negeri. Ia pun mendapatkan sejumlah pengalaman baru, seperti mempelajari perbedaan budaya dan bersosialisasi.

Ke depannya. Fanny mengaku ingin mendapatkan pengalaman internasional lebih banyak lagi untuk mengembangkan dirinya. Ia juga mengajak mahasiswa Unpad lain untuk mengikuti program IISMA.

“Aku ingin sampaikan pada teman-teman Unpad untuk mencoba Program IISMA. Kalian coba saja daftar siapa tahu itu pengalaman baru kalian nanti kalian dapatkan disitu. Pengalaman berharga yang benar-benar kalian tidak akan lupakan,” ujar Fanny.(arm)*

Share this: