Dukung Pembelajaran, FTG Unpad Gunakan Software Berlisensi Rocscience

Tampilan Software
Tampilan software bidang geoteknik yang dikembangkan Rocscience.*

[Kanal Media Unpad] Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran daring, Unpad Padjadjaran telah memberikan Hibah Inovasi Pembelajaran Daring Unpad (HIPDU) kepada tim dosen pengampu mata kuliah dengan mengutamakan pengembangan pembelajaran dan program inovatif.

Di Fakultas Teknik Geologi, dosen penerima HIPDU Nur Khoirullah, M.T., memanfaatkan dana hibah untuk menyewa paket perangkat lunak (software) berlisensi akademik dalam bidang geoteknik.

Software bernama “Rocscience Educational Suite” merupakan perangkat lunak berlisensi resmi yang digunakan untuk bidang geoteknik, baik di bidang pertambangan maupun infrastruktur.

“Paket software berlisensi ini dapat dipergunakan mahasiswa untuk penyusunan skripsi, penelitian, dan untuk perkuliahan mendukung pembelajaran secara umum di Program Studi Teknik Geologi maupun secara khusus pada peminatan MKPP keteknikan,” kata Nur dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Nur menjelaskan, paket software ini terdiri dari 16 software, di antaranya Slide2 dan RS2 untuk analisis 2D longsor tanah dan batuan. Roctopple, Swedge, DIPS, dan Rocfall untuk analisis longsor batuan.

Selain berlisensi resmi, software ini merupakan perangkat terbaru yang dikembangkan Rocscience dan banyak digunakan oleh perusahaan pertambangan, khususnya batubara dan mineral.

Ketua Program Studi Teknik Geologi Unpad Dr. Irvan Sophian, M.T., mengharapkan program ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa, terutama yang memerlukan keterampilan khusus menganalisis data studio menggunakan perangkat lunak.

“Ini akan mendukung semakin meningkatnya penelitian yang dilakukan mahasiswa Teknik Geologi Unpad yang akan menjadi lulusan sarjana teknik calon insinyur muda, tidak hanya ahli dalam pekerjaan lapangan tetapi juga ahli dalam menganalisis data lapangan,” kata Irvan.(rilis/marlina)*

Share this: