Dua mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Cyril Anfasha Firmansyah dan Mochamad Fauzi Alfandri berhasil juara kedua pada kompetisi karya tulis ilmiah internasional “The 19th Economix: Global Economic Challenges” di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 14-15 Februari 2022 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Dua mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara kedua pada kompetisi karya tulis ilmiah internasional “The 19th Economix: Global Economic Challenges” yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 14-15 Februari 2022 lalu.

Dua mahasiswa tersebut, yaitu Cyril Anfasha Firmansyah dan Mochamad Fauzi Alfandri. Keduanya mendapat bimbingan dari Dosen FEB Unpad Estro Dariatno Sihaloho, M.Si.

Cyril menjelaskan, Economix merupakan salah satu acara tahunan kompetisi internasional terbesar yang diselenggarakan Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (Kanopi) FEB UI. Acara ini terdiri dari empat rangkaian acara, yaitu: seminar internasional, Economix Model United Nations, kompetisi karya tulis ilmiah, dan kompetisi esai dengan peserta dari berbagai negara.

“Adanya prestasi ini membuktikan bahwa kita sebagai mahasiswa Unpad tidak perlu lagi takut atau minder ketika berkompetisi dengan universitas lain,” tutur Cyril dalam keterangan resmi kepada Kanal Media Unpad.

Ada empat tahap perlombaan Economix FEB UI. Di tahap pertama, para peserta harus mengirimkan proposal terkait topik dan abstrak karya tulis yang diajukan. Dari tahap tersebut, 10 tim berhasil lolos dan diundang mengikuti seri pelatihan yang diselenggarakan bersama J-PAL South Esat Asia.

Setelah itu, peserta diminta mengirimkan makalah secara penuh untuk diseleksi kembali menjadi enam tim yang akan masuk ke babak final.

Cyril mengatakan, di babak final sendiri terdapat tiga tahapan,. Tahap pertama, yaitu Conference & Meet the Expert. Tahap ini, seluruh finalis mempresentasikan makalahnya dan mendapatkan masukan dari peneliti berpengalaman di bidangnya.

Tahap selanjutnya, Economix Face Off. Tahap ini menguji kemampuan argumentasi finalis yang digelar melalui forum debat ilmiah. Tahap terakhir, Grand Final, di mana finalis diberikan studi kasus untuk dapat dipresentasikan mengenai latar belakang, analisis masalah, dan solusi yang diberikan. Atas perolehan juara ini, keduanya berhak memenangkan hadiah uang tunai sebesar $600.(rilis)*

Share this: