Mahasiswa Unpad Raih Sejumlah Penghargaan di Program KMBI BI Institute

Mahasiswa Universitas Padjadjaran meraih penghargaan pada acara Inaugurasi KMBI Angkatan III dan Pembukaan KMBI Angkatan IV BI Institute secara virtual, Senin (21/2/2022) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil meraih berbagai penghargaan usai menjalani program Kampus Merdeka Bank Indonesia (KMBI) angkatan III semester ganjil tahun akademik 2021/2022 yang digelar Bank Indonesia Institue.

Penghargaan diumumkan dalam acara Inaugurasi KMBI Angkatan III dan Pembukaan KMBI Angkatan IV BI Institute secara virtual, Senin (21/2/2022) lalu. Program KMBI angkatan III tersebut diikuti oleh 102 mahasiswa dari 27 perguruan tinggi mitra, dengan 58 peserta merupakan mahasiswa Unpad.

Penghargaan yang diperoleh Unpad, yaitu kategori “Paling Memimpin” berhasil diraih Aghis Rakha (Statistika) dengan penempatan di Departemen Pengembangan UKM dan Perlindungan Konsumen BI. Selanjutnya, kategori “Paling Digital Freak” diraih Wiksadana (Ilmu Ekonomi) dengan penempatan Departemen Kebijakan Makroprudensial BI.

Penghargaannya lainnya ialah kategori “Paling 4.0” diraih Adhiyatma Nugraha (Statistika) dengan penempatan di Departemen Statistika BI, dan kategori “Paling Gesit” diraih Muhammad Ariq Farhansyah Mutyara (Teknik Informatika) dengan penempatan Departemen Kebijakan Makroprudensial.

Direktur BI Institute Ariyana Abubakar mengatakan, para peserta KMBI angkatan III telah menunjukkan komitmen yang baik sehingga seluruh program dapat diselesaikan dengan baik. Diharapkan peserta mendapatkan banyak wawasan baru dan pengalaman baru khususnya pada bidang kebanksentralan.

“Ini ada pencapaian yang luar biasa, bahkan banyak di antara peserta menjalani program KMBI sambil terus menjalani perkuliahan,” kata Ariyana.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., PhD mengatakan, Unpad sangat antusias dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan BI Institute. Program KMBI BI Institute telah dipersiapkan dengan serius dan turut mengikutsertakan peran perguruan tinggi dalam menyusun modul pembelajarannya.

“Mahasiswa kami yang telah mengikuti KMBI Batch III memperoleh banyak pengalaman dan pembelajaran yang sangat kaya. Karena tidak hanya memperoleh ilmu teori, tetapi juga diajak untuk mengikuti proses pengambilan kebijakan dari dekat,” ujar Fahmi.

Untuk pelaksanaan KMBI angkatan IV, Unpad sendiri mengirimkan lima mahasiswa. Fahmi menngharapkan, mahasiswa Unpad yang mengikuti KMBI angkatan IV dapat bersungguh-sungguh mengikuti semua kegiatan dan materi yang diberikan para instruktur di BI Institute.

“Sehingga setelah setelah mengikuti program ini, para mahasiswa bisa mempunyai wawasan dan skill baru yang nantinya digunakan untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat,” tutup Fahmi.*

Share this: