Perpustakaan Pusat Unpad Perbanyak Fasilitas Pembelajaran Hybrid

Rektor Universitas Padjadjaran didampingi Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Mohamad Fahmi, M.T., PhD, Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan Wina Erwina, M.A., PhD, dan sejumlah dekan meninjau fasilitas kelas hybrid yang berada di gedung Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, Selasa (15/2/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Perpustakaan Pusat Universitas Padjadjaran memiliki berbagai fasilitas yang mendukung pembelajaran hybrid. Fasilitas berupa ruang belajar, pertemuan, studio ajar, hingga kelas hybrid dapat dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika.

Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad Wina Erwina, M.A., PhD, menjelaskan, penambahan fasilitas tersebut bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring. Dengan dukungan ruangan nyaman dan jaringan internet memadai, diharapkan dapat membantu mahasiswa yang terkendala saat mengikuti perkuliahan daring.

Para dosen pun dapat memanfaatkan studio dan kelas dalam menyampaikan materi kuliah sehingga diharapkan metode pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih optimal.

“Kita sediakan ruang-ruang bagi mahasiswa untuk belajar, mengikuti ujian, ataupun melakukan diskusi dan berkreasi,” ujar Wina.

Kendati terbuka bagi sivitas akademika, Perpustakaan Pusat Unpad tetap melakukan pembatasan jumlah kunjungan masuk. Setiap harinya, pengunjung dibatasi maksimal 40 orang. Pembatasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan kasus Covid-19 di dalam gedung perpustakaan. Selain itu, jam layanan kunjungan juga disesuaikan.

“Kita pastikan sebelum dan sesudah waktu kunjungan telah dilakukan proses pembersihan (sterilisasi),” kata Wina.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti usai melakukan kunjungan ke Perpustakaan Pusat Unpad, Selasa (15/2/2022) menuturkan, fasilitas pembelajaran, studio, dan kelas hybrid dapat digunakan oleh sivitas akademika dari seluruh fakultas.

“Kita terus promosikan sehingga akan lebih banyak lagi dosen dan mahasiswa yang mengakses perpustakaan, baik datang langsung atapun belajar dari luar kampus,” kata Rektor.

Wina melanjutkan, ruang belajar hybrid ini juga didukung dengan koleksi perpustakaan yang lengkap, baik cetak maupun digital. Wina menjelaskan, saat ini, Perpustakaan Pusat Unpad terus berupaya memperluas akses karya ilmiah digital dari luar kampus.

Pengguna dapat mengakses berbagai koleksi digital Perpustakaan Pusat Unpad melalui laman lib.unpad.ac.id serta koleksi jurnal yang ada di lingkungan Unpad melalui laman https://jurnal.unpad.ac.id/. Koleksi digital maupun jurnal ilmiah telah dapat diakses dari luar kampus Unpad.

“Kita punya 9 database koleksi digital, isinya jurnal, e-book, dan-lain-lain. Total kita punya artikel dari 50 juta artikel berbagai bidang ilmu,” kata Wina.*

Share this: