“Polar”, Aplikasi untuk Akses Info Layanan Lab Sentral Unpad

Dua tenaga kependidikan yang mengembangkan aplikasi “Polar”, yaitu Rahmawati, S.Si., (Pranata Laboratorium Pendidikan Lab Sentral Unpad ) dan Krisna Eka Pratama, S.Pi., (Pranata Komputer Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi).*

[Kanal Media Unpad] Dua tenaga kependidikan Universitas Padjadjaran mengembangkan aplikasi mobile yang memudahkan sivitas akademika dan peneliti mengakses layanan laboratorium di Laboratorium Sentral. Aplikasi bertajuk “Polar” (Portal Layanan Laboratorium Berbasis Mobile) tersebut dapat diunduh secara gratis di aplikasi Google Play.

Dua pengembang aplikasi “Polar”, yaitu Rahmawati, S.Si., (Pranata Laboratorium Pendidikan Lab Sentral Unpad ) dan Krisna Eka Pratama, S.Pi., (Pranata Komputer Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi). Pengembangan aplikasi tersebut didanai Hibah Inovasi dan Kreasi Tenaga Kependidikan Unpad (HIKTU) 2021.

Saat diwawancarai Kanal Media Unpad, Rahmawati menjelaskan, selama ini keberadaan Lab Sentral di kampus Universitas Padjadjaran menjadi rujukan representatif untuk melakukan penelitian maupun pengujian, khususnya di bidang herbal science. Berbagai layanan disediakan dan dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika maupun peneliti dari luar Unpad.

Kendati demikian, diperlukan sistem terintegrasi untuk menyatukan berbagai layanan yang tersedia sehingga mampu mencapai layanan laboratorium yang profesional.

Berdasarkan survei yang dilakukan, Rahmawati menemukan masih terbatasnya informasi mengenai berbagai layanan yang tersedia, seperti informasi layanan pengujian, penelitian, dan fasilitas lain seperti ketersediaan bahan kimia maupun perangkat lainnya.

“Selain, beberapa penelitian mahasiswa dan dosen terkadang terhambat karena kurangnya tenaga PLP dalam mendampingi penggunaan alat/bahan yang ada di laboratorium,” tuturnya.

Untuk itu, aplikasi Polar dikembangkan untuk menyajikan berbagai informasi mengenai Lab Sentral Unpad. Pada aplikasi tersebut, keduanya menyajikan berbagai informasi, mulai dari fasilitas ruang laboratorium, peralatan, serta bahan kimia ataupun bahan biologis yang ada di Lab Sentral.

Informasi juga meliputi jasa pengujian, penelitian dan alur pembelian bahan kimia/biologis, hingga informasi pelatihan yang diselenggarakan Lab Sentral. Lainnya, aplikasi tersebut memuat informasi profil dan divisi yang ada di Lab Sentral Unpad.

“Insya Allah akan menjadi suatu wadah yang bermanfaat dalam memajukan Lab Sentral Unpad dan mampu membantu meningkatkan nilai dalam luaran riset yang lebih berkualitas, cepat dan banyak,” kata Rahmawati.

Rahmawati menuturkan, aplikasi Polar tersebut akan dilakukan pengembangan, seperti jangkauan bagi pengguna iOS hingga pengembangan fitur layanan yang lebih modern.*

Share this: