Sebanyak 609 Mahasiswa Unpad Ikuti MSIB Kemendikbudristek

Suasana pelepasan secara simbolis peserta Magang Studi Independen Besertifikat Kemendikburistek secara virtual, Sabtu (26/2/2022).*

[Kanal Media Unpad] Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita melepas secara simbolis peserta Magang Studi Independen Besertifikat (MSIB) Kemendikbudristek angkatan II dan Magang Internal Kampus Merdeka Unpad secara virtual, Sabtu (26/2/2022).

“Pergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ini kesempatan berharga untuk mengembangkan karier pada saat nanti kalian lulus,” ujar Prof. Arief kepada peserta.

Sebanyak 609 mahasiswa Unpad mengikuti program MSIB Kemendikbudristek angkatan II. Peserta berasal dari 56 program studi di lingkungan Unpad dan didampingi 255 dosen pembimbing. Selama 1-2 semester, mahasiswa tersebar di 103 mitra kerja program MSIB.

Prof. Arief mengatakan, karena ini merupakan momentum baik, maka mahasiswa harus memantapkan diri untuk mengikuti program ini sampai selesai. Akan banyak kesempatan dan ilmu berharga yang bisa diperoleh mahasiswa untuk kemajuan kariernya di masa datang.

“Pesan kami, tetap selalu jaga nama baik Unpad,” kata Prof. Arief.

Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., menjelaskan, tahun ini, jumlah peserta yang lolos seleksi program MSIB mengalami peningkatan. Pada 2021, jumlah peserta yang ikut sebesar 417 mahasiswa dengan 200 dosen pembimbing dan 89 mitra kerja.

“Ada kenaikan jumlah signifikan dari peminat dan peserta Unpad yang diterima di MSIB,” ujar dosen yang akrab disapa Amel.

Pada program MSIB, mahasiswa diberi kesempatan untuk mempelajari berbagai kompetensi spesifik, praktis, dan dibutuhkan di masa depan. Tidak sekadar mempelajari mandiri, mahasiswa juga dapat melakukan interaksi dengan para pakar untuk memahami bagaimana kompetensi atau ilmu tersebut diterapkan.

Di akhir, mahasiswa akan ditantang untuk mempraktikkan kompetensi tersebut melalui proyek riil. “Ini pengalaman luar biasa yang akan didapatkan oleh teman-teman mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan magang dan studi independen besertifikat,” kata Amel.*

Share this: