Tim KKN Unpad Angkat Potensi Kerajinan Bambu di Selaawi

Suasana
Suasana bazar virtual “Selaawi Menuju Kota Bambu” yang digelar Kelompok 46 KKN – PPM Integratif Universitas Padjadjaran, Rabu (9/2/2022).*

[Kanal Media Unpad]  Kelompok 46 KKN – PPM Integratif Universitas Padjadjaran menggelar Virtual Bazaar dengan tajuk “Selaawi Menuju Kota Bambu” untuk mengenalkan produk unggulan Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Rabu (9/2/2022). Bazar virtual ini menjadi proyek puncak dari rangkaian kegiatan KKN – PPM Integratif yang dilakukan kelompok tersebut.

Pada acara tersebut, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para pengrajin melalui media Zoom. Tim KKN juga telah menyiapkan katalog dari hasil kurasi produk-produk unggulan dan potensial dari pengrajin Kecamatan Selaawi agar dapat diakses oleh para pengunjung dan disebar luaskan kepada masyarakat.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad disebutkan bahwa kerajinan bambu di Selaawi sangat potensial. Namun, wabah Covid-19 membuat tingkat penjualan menurun. Selain itu, produk kerajinan juga belum optimal masuk dalam platform digital.

Untuk itulah, mahasiswa kelompok 46 dengan dosen pendamping lapangan Dr. Rd. Ahmad Buchari, M.Si. ingin berkontribusi langsung dengan mengambil bagian memecahkan masalah yang dialami para pengrajin Selaawi. 

Kelompok ini pun mengenalkan media digital yang dapat digunakan untuk selling dan branding produk-produk Selaawi. Para mahasiswa juga terjun langsung untuk membuat berbagai media publikasi guna meningkatkan penjualan produk Selaawi.

Target kelompok KKN 46 Unpad adalah untuk menghubungkan antara produsen dengan distributor dan konsumen. Hal ini jugalah yang menjadi alasan dipilihnya virtual bazaar untuk menjadi momentum puncak proyek kelompok KKN 46.

Selama prosesnya mahasiswa juga didampingi oleh salah satu perusahaan yang telah lebih dahulu memberikan pelatihan di Kecamatan Selaawi yaitu Nurabinscha Educcativepreneur yang merupakan inisiasi dari dosen Unpad Nurillah Novel MBA, dan Jovanscha Qisty, M.KP.

Bazar virtual ini juga didukung penuh oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., MP yang secara khusus datang ke acara tersebut. Rudy mendukung upaya mahasiswa untuk membantu peningkatan penjualan dan publikasi produk-produk dari pengrajin Kecamatan Selaawi. 

Dukungan juga datang dari Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat, R. Firman Nurtafiyana, dan perwakilan dari Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi oleh Sekretaris Jendral Taufik Madjid, S.Sos MSi. 

Dari Unpad, acara juga dihadiri Direktur Inovasi dan Korporasi Diana Sari, S.E., M.Mgt., PhD.

Untuk dapat memperoleh informasi lengkap mengenai produk unggulan Selaawi dapat melalui website selaawi www.selaawi.com, serta media sosial Instagram @handsofselaawi ataupun melalui berbagai e-commerce.(rilis)*

Share this: