FKG Unpad Beri Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut kepada Siswa SDI Al-Azhar, Bandung

Suasana kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran kepada
Suasana kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran kepada siswa SDI Al-Azhar 36, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022) secara virtual.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran melalui Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat-Pencegahan melakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada pada siswa SDI Al-Azhar 36, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022) secara virtual. Penyuluhan dilakukan dalam rangka praktikum perkuliahan Community Dentistry 3 yang diikuti mahasiswa program Sarjana Kedokteran Gigi.

“Kegiatan ini adalah program pembelajaran dimana mahasiswa mengimplementasikan program yang dirancang bersama di bawah bimbingan para dosen untuk menyampaikan bagaimana pemeliharaan kesehatan gigi untuk anak di usia sekolah dasar,” kata Koordinator Blok Community Dentistry 3 sekaligus Kepala Departemen IKGM-P FKG Unpad Dr. Anne Agustina S, drg.,M.KM.

Dikutip dari laman FKG Unpad, Anne menjelaskan, bahwa kegiatan ini juga menjadi awal dari kerja sama lanjutan antara FKG Unpad dan SDI Al-Azhar. Selain penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, banyak kerja sama lain yang bisa dilakukan, misalnya deteksi dini kesehatan gigi siswa di SDI Al-Azhar.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg.,Sp.KG.,Subsp.KR(K)., memperkenalkan secara singkat program FKG Unpad yang mengombinasikan antara pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Kombinasi tersebut mnejadi dasar untuk melakukan pendidikan dan penelitian berbasis temuan/data di lapangan.

“Sehingga para mahasiswa kami, para dosen kami, mereka akan mengetahui kondisi real di lapangan jadi bagian dari ide untuk melakukan riset-riset,” papar Dudi.

Ia menjelaskan, metode penyuluhan secara daring justru dapat menjangkau lebih banyak peserta. Tidak hanya seputar wilayah Bandung, tetapi juga peserta dari luar Bandung dapat mengikuti kegiatan ini.

Melalui penyuluhan ini, Departemen IKGM-P berkontribusi menyukseskan program pemerintah, terutama dalam upaya promosi, preventif, dan kuratif di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Wakil Kepala Sekolah SDI Al-Azhar 36 Bandung, Piki Hilman Maas, M.Pd., mengaku senang dengan kesempatan yang diberikan kepada para siswa sekolah tersebut dalam program penyuluhan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Profesi seorang dokter gigi ini tentunya sangat membantu sekali bagi orang banyak. Khususnya bagaimana kita akan dibekali cara merawat gigi yang baik kemudian juga mulut yang sehat. Apalagi sekarang di saat bulan puasa ini agar anak-anak senantiasa merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulutnya,” ujarnya.(rilis)*

Share this: