English Camp, Upaya Unpad Jaring Mahasiswa Unggul di IISMA 2022

Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran berhasil menjadi perguruan tinggi ketiga terbanyak yang lolos program “Indonesian International Student Mobility Awards 2022” (IISMA) Kemendikbudristek RI, yaitu sebanyak 99 orang. Hal ini tidak lepas dari persiapan yang dilakukan Unpad.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah program “ Unpad English Camp: Road to IISMA 2022” yang dikoordinasikan Fakultas Ilmu Budaya. English Camp merupakan program khusus untuk mahasiswa Unpad, secara khusus pada semester 4 atau 6, yang akan mendaftar program IISMA 2022.

Ketua Pusat Internasionalisasi FIB Unpad Hilman Fauzia Khoeruman, M.Phil., menjelaskan, Program English Camp bertujuan menjaring mahasiswa yang unggul untuk mendaftar IISMA 2022. Mahasiswa yang mengikuti program ini adalah mereka yang lolos seleksi awal, yaitu seleksi TOEFL yang dilakukan Pusat Bahasa Unpad.

“Di tahap penjaringan awal kita menentukan mereka yang masuk English Camp adalah mereka yang hasil TOEFL-nya minimal 520, atau masuk kriteria IISMA 2022,” ucap Hilman saat diwawancarai Kanal Media Unpad.

Sekira 300 mahasiswa Unpad mendaftar di tahap penjaringan awal. Hasilnya, 113 mahasiswa berhasil lolos seleksi TOEFL dan berkesempatan mengikuti program English Camp. Program ini dilaksanakan 16 Maret hingga 5 April 2022 lalu.

Lebih lanjut Hilman menjelaskan, program English Camp diselenggarakan secara daring dan dibagi ke dalam lima kelas. Selama hampir tiga minggu, peserta mendapat pendampingan dari para dosen di Program Studi Sastra Inggris serta alumni IISMA tahun sebelumnya.

Beragam materi yang diajarkan meliputi: listening comprehension, structure and written expressions, reading comprehension, serta materi interview and presentation practice. Materi yang diajarkan merupakan materi peningkatan skor kemahiran bahasa Inggris serta kemahiran presentasi menggunakan bahasa Inggris.

Hilman mengatakan, program ini dinilai berhasil mempersiapkan peserta untuk mendaftar IISMA 2022 yang seleksinya makin ketat. “Alhamdulillah, tahun lalu peserta Unpad ada 61, tahun ini ada 99 yang lolos. Dengan adanya English Camp ini sedikit banyak membantu peningkatan peserta IISMA di tahun 2022,” imbuhnya.

Rencananya, program English Camp akan digelar rutin di tahun berikutnya sebagai langkah persiapan Unpad dalam mendukung program IISMA. “Rencana kami, ini akan menjadi agenda tahunan FIB dengan peserta mahasiswa Unpad yang eligible mendaftar IISMA,” tutup Hilman.*

Share this: