Mahasiswa Agribisnis Unpad Raih 2 Penghargaan pada Kejuaraan Hoki Tingkat Asia

Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Alam Fajar Kusuma.*

Laporan oleh Shafira Aulia Nisaa Ghafitri

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran yang juga anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Unit Hoki Unpad Alam Fajar Kusuma berhasil meraih penghargaan pada kejuaraan hoki internasional “Men’s Asian Games Qualifier Bangkok 2022” 5 – 15 Mei 2022 lalu.

Pada kejuaraan tersebut, Alam berhasil meraih dua penghargaan. yaitu “Player of the match” dan “Best Goalkeeper of The Tournament. Alam yang tergabung dalam Timnas Indonesia juga berhasil mendapatkan medali perunggu.

Saat diwawancarai Kanal Media Unpad Alam mengatakan, penghargaan “Player of the match” merupakan penghargaan yang diberikan setelah selesai dalam satu pertandingan, di mana pemain tersebut berperan vital atau mempunyai penampilan yang sangat maksimal bagi tim.

“Penghargaan player of the match didapatkan pada saat laga semifinal melawan Oman,” tutur Alam.

Lebih lanjut mahasiswa Program Studi Agribisnis tersebut menjelaskan, Oman merupakan lawan sengit bagi Indonesia. Banyak serangan dan peluang emas oman yang berhasil digagalkan oleh tim Indonesia. 

Kerja keras Timnas pun terbayar sudah. Oman takluk dengan skor 2-0. Pertandingan ini membuat Alam terpilih sebagai player of the match pada pertandingan tersebut.

Sementara penghargaan “Best Goalkeeper of The Tournament” menjadi sebuah penghargaan untuk penjaga gawang terbaik dalam turnamen tersebut. 

“Untuk penghargaan best goalkeeper of the tournament bisa didapatkan karena dalam semua pertandingan dari pertama lawan Bangladesh, Singapura, Sri Lanka, Oman, dan Thailand. Alhamdulillah, Alam bisa melakukan penyelamatan bola yang banyak dan memberikan performa terbaik yang membuat indonesia bisa meraih medali perunggu,” ujar Alam

Kejuaraan tersebut diikuti sembilan negara di Asia. Indonesia masuk dalam pool B dengan negara Bangladesh, Singapore, Srilanka. Untuk Pool A diisi dengan negara Oman, Thailand, Uzbekistan, Hongkong, China, dan Kazakhstan.

Alam mengatakan, dalam babak penyisihan grup indonesia kalah dengan bangladesh 3-1, seri dengan singapore 0-0, dan menang dengan Sri Lanka 3-1. Dengan hasil tersebut indonesia berada di posisi 2 pool B dan berhasil lolos ke Asian Games Hangzhou, China, September 2022 mendatang. 

Bagi Alam makna dari dua penghargaan tersebut sangat berarti. Penghargaan ini merupakan capaian atas hasil latihan intens selama tiga minggu di malaysia dengan kondisi puasa dan lebaran tidak bersama keluarga. 

“Alhamdulillah bisa mendapatkan medali perunggu pertama dalam event internasional dan dua penghargaan individu yang sangat berarti sekali,” ujar Alam

Alam berharap, prestasi ini bisa menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya di Unpad. Karena untuk berprestasi, baik dalam hal akademik atau non-akademik, diperlukan perjuangan, pengorbanan waktu baik bersama teman atau keluarga bahkan kuliah sekalipun. 

“Jangan takut juga buat rekan-rekan Unpad untuk mendalami hobi atau minat yang disukai baik itu akademik ataupun non akademik. Karena saya yakin rekan rekan semuanya pasti bisa melakukannya,” tutup Alam.(arm)*

Share this: