Peringatan Harkitnas, Momentum Indonesia untuk Terus Bangkit

Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kebangkita Nasional di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Jumat (20/5/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mendorong masyarakat memaknai momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada 20 Mei sebagai upaya kolektif memperkuat persatuan bangsa.

Demikian disampaikan Menkominfo dalam sambutan Peringatan 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional yang dibacakan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti pada Upacara Peringatan Harkitnas di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Jumat (20/5/2022).

Rektor membacakan, peran-peran kebangkitan Indonesia salah satunya terlihat dari upaya menangani pandemi Covid-19. Sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional kian menunjukkan hasil positif. Selain itu, capaian vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 79 persen yang mendorong pada pencapaian kekebalan imunitas masyarakat Indonesia.

Secara perlahan, hal ini berimplikasi pada pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen year on year. Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif.

Momentum 114 tahun Harkitnas juga makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pertemuan G20 yang dipimpin Indonesia tahun ini mengusung tiga prioritas, yakni arsitektur kesehatan global yang inklusif, transformasi berbasis digital, serta transisi energi berkelanjutan.

Rektor membacakan, tiga isu prioritas tersebut merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang saat ini dirayakan. Di tengah keterpurukan akibat pandemi, Indonesia tidak pernah meluruhkan cita-cita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat.

“Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini,” baca Rektor.

Upacara Peringatan 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional ini diikuti sejumlah pimpinan di lingkungan Unpad. Bertindak sebagai Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Dekan Fakultas Psikologi Zahrotur Rusyda Hinduan, M.OP., PhD, serta pembaca doa oleh Dekan Fakultas Peternakan Dr. Rahmat Hidayat, M.Si., IPM.*

Share this: