Sebanyak 99 Mahasiswa Unpad Lolos Program IISMA 2022

Peserta
Mahasiswa Universitas Padjadjaran peserta IISMA 2021 saat mengikuti program di Barcelona, Spanyol.*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 99 mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil lolos menjadi peserta “Indonesian International Student Mobility Awards 2022” (IISMA) dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI. Jumlah ini menjadikan Unpad menjadi PTN terbanyak ketiga nasional yang lolos program IISMA 2022.

Kepala Kantor Internasional Unpad dr. Ronny, M.Kes., PhD, AIFO mengatakan, tahun ini pendaftar program IISMA 2022 di Unpad lebih dari 500 pendaftar. Setiap peserta diseleksi berdasarkan kelayakan berkas; kemampuan bahasa Inggris;  penilaian esai yang berisi motivasi, target dan tujuan, ekspektasi, dan implementasi dari program IISMA; serta tes kebangsaan.

Dari seleksi tersebut terjaring 188 mahasiswa yang dipanggil untuk mengikuti seleksi akhir berupa wawancara. Dari seleksi akhir, terjaring 99 mahasiswa yang berkesempatan menimba ilmu di lebih dari 20 perguruan tinggi di dunia.

“Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang sebesar 61 orang,” kata Ronny saat diwawancarai Kanal Media Unpad.

Ronny menjelaskan, tahun ini Unpad mendorong setiap fakultas untuk memaksimalkan pendaftaraan IISMA. Kendati seleksi dan persaingan makin ketat, Unpad berhasil memaksimalkan jumlah peserta yang mengikuti program tersebut.

“Ini menandakan bahwa semangat internasionalisasi yang diterjemahkan lebih baik ke setiap insan sivitas akademika Unpad. Sebagai bagian dari dunia global, mahasiswa merasa perlu untuk mencari pengalaman ke luar negeri,” paparnya.

Melalui program IISMA, mahasiswa akan melakukan studi ke perguruan tinggi yang dituju dengan mengambil sejumlah mata kuliah. Mata kuliah tersebut kemudian ditransfer dan diakui kreditnya sesuai dengan jumlah SKS yang direkomendasikan, yaitu 20 SKS.

Dengan demikian, program ini spesifik mengambil mata kuliah dan melakukan pertukaran kredit rekognisi terkait mata kuliah tersebut.

Di sisi lain, peserta program IISMA akan belajar untuk memahami dan mendapatkan sudut pandang baru dalam menghadapi tantangan global. Program yang berjalan selama satu semester ini akan dilakukan mulai akhir Juni hingga Desember 2022 mendatang.

Ronny berharap, keikutsertaan di program IISMA dapat mewujudkan Unpad makin bermanfaat dan mendunia. “Kami berharap internasionalisasi menjadi satu semangat bersama untuk membawa Unpad lebih nyata peranannya di dunia global dan membawa global ke Unpad,” kata Ronny.*

Share this: