Teten Masduki: Edukasi Hukum Diperlukan untuk UMKM Go Digital

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menjadi pembicara dalam acara Sharing Vision Pengembangan UKM dan Peran Notaris di Era Transformasi Digital yang digelar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran secara hybrid, Senin (23/5/2022).*

[Kanal Media Unpad] Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengatakan bahwa pendampingan usaha UMKM untuk dapat masuk ke ekosistem digital perlu terus dilakukan. Teten pun mengajak akademisi hukum dan notaris untuk terlibat.

Menurut Teten, untuk mengakselerasi UMKM go digital, diperlukan edukasi serta pendampingan secara hukum, seperti bagaimana tata cara perizinan, interaksi perjanjian, kredit, kontrak kerja, sewa tempat atau sewa lahan, dan sebagainya.

“Jadi disini saya kira penting bagaimana pendampingan dari teman-teman, misalnya para notaris, dan juga kantor hukum,” kata Teten Masduki dalam acara Sharing Vision Pengembangan UKM dan Peran Notaris di Era Transformasi Digital yang digelar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran secara hybrid, Senin (23/5/2022).

Teten juga berharap munculnya terobosan baru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan edukasi dan pendampingan hukum terhadap UMKM. Di antaranya adanya aplikasi digital untuk memudahkan UMKM mendapatkan akses bantuan hukum.

“Mungkin juga diperlukan platform digital pendampingan hukum, konsultasi hukum bagi UMKM, saya kira ini akan semakin memudahkan UMKM untuk mendapatkan akses bantuan hukum,” ujar Teten Masduki.

Pendampingan dari FH Unpad, terutama Pusat Studi Cyber Law dan Transformasi Digital dan Ikano Unpad diharapkan juga dilakukan dalam mempersiapkan produk UMKM untuk mendominasi marketplace.

Selain itu, Teten Masduki juga mengatakan bahwa UMKM go digital bukan hanya mengenai memasuki marketplace tetapi menyangkut banyak hal termasuk ke proses bisnis.

“Kita mengalami perubahan besar dari ekonomi digital,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi dan data dapat memberi solusi pada proses bisnis UMKM. Pemanfaatan teknologi dan data dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisinis di UMKM.

“Perkembangn tekonologi semakin dinamis mendatangkan berbagai peluang baru, value baru, dan mendatangkan pendapatan baru. Disitulah ada inovasi yang muncul menyertai perubahan model bisnis yang mereka lakukan,” kata Rektor.

Acara juga dihadiri secara langsung oleh Dekan FH Unpad Dr. Idris, M.H.(arm)*

Share this: