Tim “Kokro” Unpad Juarai Kompetisi Startup Tingkat Nasional

[Kanal Media Unpad] Usaha rintisan (startup) mahasiswa Universitas Padjadjaran “Kokro” berhasil menjuarai kompetisi “Tarumanagara Startup Summit Expo 2022” yang digelar BEM Universitas Tarumanagara, 19 – 20 Mei lalu. Pada kompetisi tersebut, tim Kokro berhasil menyabet juara pertama.

Kompetisi “Tarumanagara Startup Summit Expo 2022” diikuti oleh puluhan startup milik mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pemenang dari kompetisi ini berhak mendapat bimbingan (mentorship) langsung mengenai proses bisnis dari juri yang berasal dari kalangan praktisi bisnis terkemuka di tanah air.

Salah satu anggota tim “Kokro” Rifky Adhia Pratama (Kimia) menjelaskan, kompetisi dimulai dari tahap pengumpulan proposal bisnis dan materi pitch deck untuk kemudian disaring menjadi 18 besar. Dari tahap tersebut, peserta kemudian diseleksi kembali hingga menjadi 10 finalis.

“Setelah menjadi salah satu finalis, tahap selanjutnya adalah pembuatan video promosi produk dan kemudian dilanjutkan dengan pitching deck bisnis secara luring pada Kamis (19/5/2022) lalu,” tutur Rifky kepada Kanal Media Unpad.

Tim yang berhasil lolos di ajang Pimnas ke-34 tahun 2021 tersebut memaparkan, sesi pitching deck secara luring menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, sesi ini merupakan momentum pertama bagi Kokro untuk mempresentasikan usaha rintisannya secara luring. Pada ajang Pimnas tahun lalu, tim mempresentasikan programnya secara daring.

Rifky mengatakan, sesi luring ini mendorong seluruh personel tim yang beranggotakan Iis Kurniasih (Kimia), Tiara Zahra Shafira (Akuntansi), dan Kevin Reza Reynantha (Administrasi Bisnis) mempersiapkan banyak hal. Dua di antaranya kemampuan berbicara dan penyelesaian masalah (solving problem) dari pertanyaan yang juri berikan.

“Selain itu, pada sesi offline ini, building connection dengan sesama finalis yang mengikuti kompetisi pun terasa lebih nyata, sehingga membuka peluang baru untuk kerja sama antar pemilik startup,” ujarnya.

Usai menjadi juara, Kokro mendapat kesempatan untuk dilakukan mentoring dari Klemens Bonaventura Rahardja. Klemens sendiri merupakan praktisi yang memiliki unit inkubator bisnis bernama The Entrepreneurs Society.

Kokro merupakan inovasi yang dihasilkan Rifky dan tim berupa permen yang mampu menurunkan kecanduan merokok. Lahir sejak 2021, hingga saat ini Kokro terus menjaga visinya untuk menurunkan angka prevalensi perokok di Indonesia sekaligus mencegah kematian dini akibat rokok.

Rifky mengatakan, saat ini pengembangan Kokro terus berjalan. Permen (lozenges) bertekstur kenyal ini telah dipasarkan di lokapasar (marketplace) dan terjual hampir ke 20 kota di Indonesia.

Tentunya, pengembangan produk ke depan akan terus berjalan. Beberapa di antaranya memperbarui tekstur permen menjadi lebih keras (hard lozenges) serta menambahkan beberapa varian rasa.

“Kokro juga ke depannya akan mengadakan rekrutmen relawan yang dapat mengaktifkan komunitas anti-merokok dan meningkatkan kapasitas produksi setiap harinya,” tutup Rifky.*

Share this: