Fapet Unpad Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi di Sumedang

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Dosen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Ir. Tidi Dhalika, M.S., menjadi pembicara pada pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi bagi masyarakat dan kelompok ternak di Aula Desa Malaka, Kecamatan Situraja, Sumedang, Sabtu (11/6/2022) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi bagi masyarakat dan kelompok ternak di Aula Desa Malaka, Kecamatan Situraja, Sumedang, Sabtu (11/6/2022) lalu.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, pelatihan yang bekerja sama dengan P4D Karya Mandiri Prima ini menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu: Dosen Fapet Unpad Ir. Tidi Dhalika, M.S., dan Ir. Atun Budiman, M.Si., serta praktisi dari P4D Karya Mandiri Prima Yoyo Kusnadi dan Abdul Rohman.

Pada pemaparannya, Tidi mendorong masyarakat yang beternak sapi atau kambing untuk menetapkan tujuan spesifiknya, seperti pembibitan, breeding, atau penggemukan. Hal ini diperlukan agar masyarakat dapat memilih bibit ternak yang bagus, manajemen pakan dan kandang yang bagus, hingga menyesuaikan dengan potensi lokasi yang ada.

Sementara Atun menyampaikan materi cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi. Mulai dari membuat perencanaan hingga menyiapkan peraltan dan bahan. Peserta pelatihan juga diberikan praktik langsung cara membuat pakan fermentasi menggunakan perlatan yang sudah disiapkan.

Kepala Desa Malaka Hendra Suhendar mengatakan, pelatihan diharapkan memberikan manfaat bagi para peternak. “Harapannya masyarakat khususnya peternak tidak bingung lagi untuk pengolahan pakan ternak. Cara yang lebih mudah dan simpel sehingga pada musim penghujan dan musim kemarau  tidak bingung untuk kegiatan ngarit untuk memenuhi  kebutuhan ternak mereka,” kata Hendra.(rilis)*

Share this: