FPIK Unpad dan Kodam III/Siliwangi Gelar Lokakarya Budi Daya Lobster Laut untuk Prajurit

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran
Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Dr. sc.agr. Yudi Nurul Ihsan memberikan materi mengenai manajemen lobster dalam Lokakarya Budi Daya Lobster Laut yang digelar FPIK Unpad dan Kodam III/Siliwangi di Pangandaran, Kamis (16/6/2022).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi menggelar Lokakarya (Workshop) Budi Daya Lobster Laut yang digelar di UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Selatan serta Karamba Jaring Apung Unpad di Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, 16-19 Juni lalu.

Sebanyak 20 personel dari Kodim Ciamis, Lebak, Garut, Pandeglang, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Cianjur antusias mengikuti beberapa rangkaian materi lokakarya, baik teori maupun praktikum di lapangan mengenai budi daya lobster laut.

Dikutip dari laman FPIK Unpad, hari pertama lokakarya dihadiri Kodim 0613 Ciamis Letkol. Inf. Wahyu Alfian Arisandi. Menurutnya, Indonesia memiliki sumber daya alam laut yang melimpah. Namun, fakta menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan masyarakat lebih banyak berasal dari wilayah pesisir.

“Karena itu, Babinsa dan anggota militer yang berasal dari distrik yang memiliki lautan harus memanfaatkan ilmu yang akan diajarkan oleh dosen dari Unpad,” ujar Wahyu.

Dekan FPIK Unpad Dr. sc.agr. Yudi Nurul Ihsan menyampaikan materi mengenai manajemen lobster. Ia menuturkan, budi daya lobster apabila dilakukan dengan serius dapat menghasilkan nilai ekonomi  hingga Rp 96 T, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Nilai Ekonomi Tangkapan sebesar Rp 8 Miliar. Karena itu, budi daya lobster sangat menjanjikan untuk dilakukan.

Lokakarya tersebut merupakan rangkaian dari HUT ke-76 Kodam III/Siliwangi. Sebelumnya, FPIK Unpad menjadi perguruan tinggi yang diundang mengikuti pameran inovasi yang bertempat di Markas Kodam III/Siliwangi Bandung, 17 – 18 Mei lalu.

Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengunjungi KJA budi daya lobster dan kerapu milik FPIK Unpad di Pantai Timur Pangandaran, Minggu (19/6/2022).*

Selain itu, FPIK juga diundang mengikuti kegiatan Sail and Touring Kodam III/Siliwangi yang digelar di Grand Pangandaran, 18 – 19 Juni 2022. Masih di acara yang sama Pangdam Siliwangi Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo berkesempatan mengunjungi KJA tempat budi daya lobster dan kerapu milik FPIK Unpad.(rilis)*

Share this: